MEDAN-Mantan Kapolrestabes Medan Kombes Pol H Mardiaz Kusin Dwihananto SH SIK M.Hum resmi menjabat Wakapolda Sumut. Sedangkan Wakapolda Sumut sendiri, Brigjen Pol Agus Andrianto menjadi Kapolda Sumut menggantikan seniornya, Irjen Pol Paulus Waterpauw yang dipercaya mengemban amanah baru sebagai Perwira Tinggi (Pati) pada Lembaga Pendidikan dan Latihan (Lemdiklat) Polri (Penugasan pada Lemhannas RI).


Mutasi sejumlah petinggi polri itu tertuang dalam telegram Kapolri Jendral Pol Prof Drs H M Tito Karnavian bernomor ST/2015/VIII/Kep/2018 tanggal 13 Agustus 2018. Kabid Humas Polda Sumut, Kombes Pol Tatan Dirsan Atmaja SIK melalui Kasubbid Penmas AKBP MP Nainggolan yang dikonfirmasi seputar hal itu mengaku baru menerima telegram terkait mutasi Kapolda dan Wakapolda serta sejumlah perwira tinggi di Polri itu lewat pesan Aplikasi WhatsApp.

Namun kata Nainggolan, mutasi dalam tubuh Polri itu merupakan hal yang biasa. Sementara itu, Kombes Pol Mardiaz Kusin Dwihananto saat dikonfirmasi mengucapkan terima kasih dan dukungannya atas jabatan baru yang diamanahkan kepadanya.

“Terima kasih doa dan dukungan rekan-rekan pewarta, titip diri kalo kami sudah bertugas di sana,” tulis Kombes Mardiaz pada sebuah group WhatsApp menjawab konfirmasi wartawan. Sebagaimana diketahui, Brigjen Pol Agus andrianto bukan wajah baru lagi di jajaran Polda Sumut. Alumnus Akpol Tahun 1989 ini pernah menempatinsejumlah jabatan penting di jajaran Polda Sumut.

Brigjen Pol Agus pernah menjabat Direktur Reserse Kriminal Umum Polda Sumut dan Kasat Reskrim Polrestabes Medan, semasa Poltabes dahulu. Sedangkan Kombes Pol H Mardiaz Kusin Dwihananto SH SIK M.Hum sendiri yang merupakan Alumnus Akpol Tahun 1993 ini sudah malang melintang di jajaran Polda Sumut terhitung sejak Tahun 2008.

Berdasarkan catatan GoSumut, Kombes Pol Mardiaz pernah menempati sejumlah jabatan strategis antara lain Kapolres Nias Selatan, Kapolres Mandailaing Natal, Wadirkrimsus Polda Sumut, Kapolrestabes Medan. Di masa kepemimpinan beliau juga Polresta Medan berubah statusnya menjadi Polrestabes Medan sejak 23 September 2016 silam.