Bupati Apresiasi Siswa SMK Al Jafariah Mewujudkan Swasembada Pangan

Bupati  Apresiasi  Siswa SMK  Al Jafariah Mewujudkan Swasembada Pangan
Bupati Palas H.Ali Sutan Harahap(TSO)memberikan apresiasi kepafa siswa SMK Al Jafariah yang berhasil memanen padi dengan maksimal
Sabtu, 28 Juli 2018 20:59 WIB
Penulis: Ibnu Nasution
PALASBupati Padang Lawas (Palas) H Ali Sutan Harahap ( TSO ) memberikan apresiasi  kepada siswa  SMK  Terpadu Pondok Pesantren Al-Jafariyah Hutaibus Kecamatan Lubuk Barumun , Kabupaten Padang Lawas ( Palas ).  Panen perdana padi sawah mengunakan pupuk organik solid limbah kelapa sawit di lokasi Persawahan  Balai Benih Induk  Balangka Sitongkol Dinas Pertanian Palas.

"Panen perdana hasil praktek lapangan siswa SMK Terpadu Pondok Pesantren Al-Jafariyah dengan plot pupuk solid merupakan bukti nyata kontribusi siswa untuk mewujudkan  swasembada pangan,"kata Bupati,Sabtu (28/7/2018).

Lebih dari itu, sebut TSO, SMK Al-Jafariyah juga sudah membantu melaksanakan program  Padanglawas Bercahaya,dalam menciptakan SDM yang berkualitas dan berdaya guna. Bupati berharap,  instansi terkait terutamanya Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan agar lebih proaktif untuk melakukan kerjasama kepada lembaga pendidikan seperti Al-Jafariyah dan SMK lainnya dalam program pengembangan pertanian di daerah.
 
Melalui program kerjasama antara Dinas Pertanian dengan pihak lembaga pendidikan, khususnya menyangkut praktek Ketahanan Pangan Hortikultura adalah suatu program positif. "Hal itu telah dibuktikan, lembaga pendidikan SMK Terpadu Al-Jafariyah telah menunjukkan kontribusi untuk mewujudkan swasembada pangan. Tentu ini merupakan fakta yang harus dicontoh oleh lembaga pendidikan lain di Palas," kata Bupati .
 
Sebelumnya pimpinan SMK Terpadu Al-Jafariyah H Pauzan Hasibuan, S.Ag mengatakan, hasil panen perdana praktek lapangan siswanya diluas lahan  sekitar 1 hektare telah menghasilkan gabah padi sebanyak 6.4 ton. 

Ditanya menyangkut teknis kerja di lapangan, ia menjelaskan dari jumlah luas lahan 1 Hektare dibagi  enam kelompok. Setiap kelompok diberi tanggungjawab untuk  merawat mulai tanam sampai pada akhirnya memanen,terangnya. 

"Sistem kerja praktek lapangan tanam padi sawah tidak mengganggu kegiatan belajar bidang study lainnya.  Jadwal praktek sudah disusun dan termasuk hari libur,"terangnya. 
 
Pauzan  juga berterima kasih kepada pihak Dinas Pertanian Palas yang sudah bersedia bekerjasama  baik memberi bimbingan siswanya maupun memberi pasilitas persawahan dan lainnya.
Ads
Editor : Sisie
Kategori : Padang Lawas, Sumatera Utara, Pemerintahan, Peristiwa, Umum
www www