PALAS - Alianda Lubis alias Ian Batara Lubis  adalah salah seorang penulis puisi 
asal Kabupaten Padang Lawas(Palas). Baru-baru ini karyanya masuk kedalam kumpulan antologi puisi terbaru dari enam negara diantaranya Brunai Darusalam,Indonesia,Malaysia,Singapore ,thailand dan Vietnam. 

Selain itu karya puisinya juga mengisi lembaran kumpulan antologi puisi berjudul Guru Musafir Ilmu yang melibatkan 97 guru dari tiga negara. Ciptaan puisinya juga dikutip dalam lembaran kumpulan antologi puisi berjudul " Senja Jiwa Pak Budi "mengenang Almarhum Ahmac Budi Cahyanto .

 "Sebagai penulis puisi yang karyanya masuk dalam lembaran kumpulan buku antologi puisi tentu kita merasa terpanggil untuk menyebarkan di lingkungan sekolah, sebagai pelajaran puisi siswa disemua tingkat sekolah yang ada di Kabupaten Palas ini,"tutur Alumni Teater LKK Unimed Sumut,Jumat(27/7/2018)di Sibuhuan. 

Buku karya kumpulan antologi  puisi penyair nasional berjudul " Guru Musafir Ilmu " karya dari 97 guru dari tiga negara,secara simbolis telah diberikan kepada Bupati Palas H Ali Sutan Harahap(TSO),Wakil Bupati Palas drg. H Ahmad Zarnawi Pasaribu dan Ketua DPR Palas H.Syahwil Nasution.

Buku "Guru Musafir Ilmu " ,kata Alianda ,merupakan kumpulan puisi religius, diterbitkan dalam dua bahasa Indonesia  dan dibedah secara khusus oleh pengagas ,Asrizal Nur. Alianda Lubis selaku penulis puisi yang kini menjabat Sekretaris Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Pemkab Palas dikenal sebagai salah seorang ASN yang getol terlibat dalam membimbing pelajar dalam memahami puisi dan terlibat mengisi berbagai acara sebagai MC.  

"Saya terus  berusaha menulis puisi, Inspirasi itu datang biasanya melihat kepiluan yang bersifat prikemanusian ," kata Mantan Staf Humas Setdakab Pemkab Palas  menceritakan proses kreatifnya.

Alianda berharap,kumpulan buku -buku antologi puisi dapat didukung pemerintah ,untuk dapat diterima di lingkungan sekolah sebagai penambah pengetahuan siswa dalam memahami puisi secara khususnya.