JAKARTA - Operasi Tangkap Tangan (OTT) Kepala Lapas Sukamiskin, Wahid Husein akibat adanya penyuapan di dalam Lapas beberapa waktu lalu, menjadi potret bobroknya penegakan hukum di Indonesia.

Anggota Komisi III DPR, Aboe Bakar Alhabsyi menyesalkan kejadian tersebut sebagai bentuk fenomena gunung es terhadap keberadaan Kepala Lapas di Indonesia.

"Saya khawatir apa yang terjadi di Sukamiskin adalah fenomena gunung es. Bisa jadi situasi serupa banyak terjadi di lapas yang lain, tentunya hal ini harus diantisipasi dengan baik oleh Menkumham," ucap Aboe Bakar melalui siaran persnya yang diterima GoNews.co, Minggu (22/7/2018).

Dia meminta agar Menteri Hukum dan HAM (Menkumham), Yasonna H Laoly bertindak tegas agar kejadian serupa tidak terulang lagi.

Menurut politisi yang kerap disapa Habib ini, seharusnya tidak boleh terjadi jika Kalapasnya berinegritas dan sistemnya tidak memungkinkan untuk terjadinya pelanggaran.

Politisi PKS ini mengimbau untuk perbaikan Lapas, perlu pembenahan di seluruh Lapas bukan hanya di Lapas Sukamiskin. "Hal ini perlu menjadi early warning untuk pembenahan seluruh lapas di Indonesia," pungkasnya.***