JAKARTA - Pengurus Besar Persatuan Renang Seluruh Indonesia (PB PRSI) membuat terobosan dengan mendatangkan Tim dari Liga Serbia atau Serbian League Team.

Rencananya, selama 20 hari, Tim Liga Serbia ini akan menjadi lawan uji tanding timnas Indonesia jelang bertanding di Asian Games 2018, Agustus mendatang.

"Mendatangkan Tim Serbia ini salah satu strategi yang paling efektif dan efisien baik dari dari tekhnis maupun non tekhnis. Dari segi teknis, selama tiga pekan kita akan mendapat lawan tanding yang bagus. Karena ini yang dibutuhkan Tim polo air putra yang tidak punya banyak lawan tanding di tanah air. Sedangkan dari segi efisiensi, Dana untuk mendatangkan mereka ini hampir berkurang 50 % dibanding kita kirim tim ke Serbia," jelas Reva Deddy Utama, manajer timnas polo air putra.

Dijelaskan pelatih timnas polo air putra asal Serbia, Milos Sakovic, tim dari Serbia berjumlah 10 pemain yang terdiri dari beberapa pemain di Liga Serbia. Sebagai informasi, Serbia merupakan juara Olimpiade Brazil 2016.

"Mereka akan membantu kita untuk persiapan Asian Games 2018 Dan SEA Games 2019. Selain sebagai lawan tanding, para pemain juga akan mengajarkan tekhnik dan skill. Juga ada beberapa hal hal kecil yang akan dibantu mereka, istilahnya menjadi asisten pelatih saya," ucap Milos.

Ditambahkan pemain Serbia, Luka Stefanovic, kedatangannya khusus untuk meningkatkan kemampuan pemain Indonesia. "Terima kasih atas undangannya telah mempercayai kami dan tentu tugas kami untuk meningkatkan kemampuan pemain Indonesia untuk meraih kemenangan di Asian Games Dan SEA Games," ucapnya.

Salah satu pemain timnas, Ridjkie Mulia, mengaku sangat senang dengan kedatangan pemain Serbia yang sudah malang melintang di eropa. "Ini sangat berarti buat pemain. Karena kami akan dapat pengalaman dan juga teknik teknik khusus. Akan menambah mental bertanding Indonesia," lapar Ridjkie penuh optimis.

Rencananya, kedua tim akan latih tanding di GBK Aquatic Centre, Rabu (11/07/2018) pukul 18.00 WIB.

Pemain Serbia : Luka Secerovic, Luka Stefanovic, Senja Stjepanovic, Predrag Spasojevic, Aleksandar Njegovan, Luka Bosic, Denis Saban, Branko Danicic, Djordje Ljubenovic, Danilo Cabrilo.***