JAKARTA - Dewan Olimpiade Asia (OCA) bersama dengan Panitia Pelaksana Asian Games 2018 terus melanjutkan promosi Asian Games 2018 Jakarta-Palembang di berbagai negara Asia melalui Asian Games 18th OCA Fun Run. Kali ini, ajang yang memasuki dua perhelatan terakhir digelar di Nagoya, Jepang, Sabtu, 7 Juli 2018.

Meskipun beberapa hari sebelumnya negara Jepang khususnya Nagoya terus diguyur hujan, namun beruntung saat fun run digelar hujan urung turun sehingga acara berjalan dengan lancar. Fun Run Asian Games 2018 ini bertepat di Meijo Park, Aichi-Nagoya dengan jumlah peserta sebanyak 150 orang yang berasal dari Aichi-Nagoya dan sekitarnya. Sedikit berbeda dengan fun run lainnya, ajang di Nagoya bertemakan estafet keluarga sehingga peserta membentuk tim yang beranggotakan ayah, ibu dan anak.

Salah satu ajang promosi Asian Games ini dihadiri oleh perwakilan OCA yaitu Wissam Trkmani dan Jeans Zhou Jian, Hideaki Ohmura selaku Gubernur Prefektur Aichi, Takashi Kawamura selaku Mayor Kota Nagoya, Eisuke Hiraoka selaku Wakil Presiden dan Sekretaris Jenderal NOC Jepang, dan Syahrir Nawier selaku Komite Eksekutif KOI. Mantan atlet lontar martil Jepang, Koji Murifushi sekaligus peraih medali emas di Olimpiade Athena 2004 dan member eksekutif NOC Japan serta eks petinju prof Jepang, Kosei Tanaka ikut hadir dan menjadi peserta fun run.

"Asian Games 2018 Jakarta-Palembang ini merupakan Asian Games kedua bagi Indonesia sebagai tuan rumah. Penyelenggaraan yang diadakan di dua kota ini pun persiapannya sudah dalam tahap final. Saya pun mengundang kalian semua untuk menikmati Asian Games 2018. Datang dan dukung tim kalian. Terima kasih atas dukungan dan kerjasamanya," tutur Nawier.

Semua tim yang hadir sangat menikmati jalannya fun run. Masing-masing anggota keluarga/tim saling bersorak untuk menyemangati timnya satu sama lain. Spirit olahraga dan olimpiade terlihat di Fun Run Nagoya.

Asian Games, tidak hanya sekedar perebutan medali emas, perak, dan perunggu, tetapi membangun spirit olahraga itu sendiri. "Begitupun dengan fun run hari ini. Selamat menikmati Fun Run Asian Games 2018 Jakarta-Palembang," tutup Wissam di depan para peserta fun run.

Para peserta diberikan waktu selama 30 menit untuk dapat berlari sejauh 1,3 KM dengan putaran terbanyak. Salah satu peserta bernama Okumi Sora seorang siswi berusia 9 tahun, mengaku sangat lelah tetapi juga sangat menikmati Fun Run ini bersama dengan Ayah, Ibu dan saudara. Tak lupa ia memberikan semangat untuk Indonesia sebagai tuan rumah Asian Games 2018.

Usai Fun Run, bertepat di tempat yang berbeda yaitu AGALS Hall, Meijo Campus, Aichi Gakuin University diadakan konferensi pers yang dihadiri para jurnalis Jepang.

"Fun Run bukan untuk memperebutkan juara, tetapi lebih kepada mempromosikan Asian Games dan juga nilai olimpiade di Asia. Kami sangat senang banyak keluarga hadir hari ini. Terima kasih kepada seluruh rekan di Nagoya dan NOC Jepang yang sudah membantu menyukseskan promosi Asian Games 2018," ucap Jeans selaku Manajer Media OCA dihadapan awak media Jepang.

Diketahui bahwa Aichi-Nagoya merupakan tuan rumah Asian Games berikutnya di tahun 2026 sesudah Guangzhou 2022.

"Di Asian Games ke-18 nanti akan banyak atlet, ofisial dan media yang akan hadir. Untuk itu, kami juga ingin mempromosikan Asian Games ke-20 mendatang di Jakarta dan Palembang," kata Kazuhiro Naruse selaku Direktur Asian Games Division, Department of Regional Development and Tourism, Aichi Prefectural Government.

Tentunya Indonesia sebagai tuan rumah Asian Games 2018 siap membantu Jepang khususnya Nagoya untuk studi banding dan turut menyukseskan Asian Games 2026.***