JAKARTA - Meskipun telah mengamankan tiket perempat final Indonesia Open 2018 BWF World Tour Super 1000, pasangan Tontowi Ahmad/Liliyana Natsir mengaku belum puas dengan penampilan mereka di babak kedua. Dalam pertandingan melawan Yugo Kobayashi/Misaki Matsutomo, Tontowi/Liliyana menang dua game langsung dengan skor 23-21, 21-19.

Pada game pertama kedudukan 20-16, empat kali kesempatan game point tak dapat dimanfaatkan dengan baik oleh Tontowi/Liliyana. Saat terjadi adu setting pun, Kobayashi/Matsutomo kembali menyamakan kedudukan menjadi 21-21.

"Saya belum puas sama penampilan hari ini, kemampuan kami nggak keluar semua, kami banyak melakukan kesalahan sendiri, gampang memberi poin ke lawan. Kalau dari awal kami main benar, kami bisa menang lebih cepat. Tadi kami keteteran dan poinnya mepet. Ini jadi pelajaran buat kami, besok jangan sampi terulang dan pastinya bisa lebih baik lagi," kata Liliyana usai pertandingan. 

"Sebetulnya saya merasa mainnya sudah enak di game pertama, tetapi di tengah pertandingan, fokus menurun. Jadi banyak mati sendiri dan lawan banyak dapat poin," ungkap Tontowi.

Di babak perempat final, Tontowi/Liliyana akan berhadapan dengan wakil Tiongkok, Zhang Nan/Li Yinhui, atau Lee Chun Hei Reginald/Chau Hoi Wah dari Hong Kong.

"Kalau ketemu Zhang/Li, sebelumnya sudah pernah bertemu. Walaupun head to head kami unggul, tetapi kami tidak mau lihat ini. Sebagai wakil tuan rumah, kami pasti mau yang terbaik tapi jangan sampai jadi bumerang. Kalau lihiat teman menang, jadi ingin menang juga dan fokusnya over, ini yang harus dijaga," ujar Liliyana.

Indonesia meloloskan tiga wakil ganda campuran ke babak perempat final Blibli Indonesia Open 2018. Sebelumnya pasangan Hafiz Faizal/Gloria Emanuelle Widjaja juga lolos dengan mengalahkan unggulan keenam, Mathias Christiansen/Christinna Pedersen (Denmark), dengan skor 14-21, 21-13, 21-7.

Sementara Ricky Karanda Suwardi/Debby Susanto melaju ke perempat final usai mengalahkan Dechapol Puavaranukroh/Sapsiree Taerattanachai (Thailand) dengan skor 21-14, 21-19.

"Kami senang Hafiz/Gloria dan Ricky/Debby ke perempat final, lawan-lawan yang mereka hadapi juga tidak mudah, lawan mereka bagus. Untuk Hafiz/Gloria khususnya yang masih muda, perjalanan mereka masih panjang, jangan cepat puas. Penampilan harus stabil, jangan lagi in, besok hilang lagi. Mudah-mudahan bisa menambah percaya diri, mereka sudah ada di level ini, sekarang sudah tahu dimana level mereka," ujar Liliyana.

"Semoga Hafiz/Gloria bisa menjaga mindsetmereka, harus percaya diri. Latihannya pun harus lebih lagi dan tidak boleh lengah," imbuh Tontowi.***