JAKARTA - Para pemain Jepang memang menjadi satu tantangan tersendiri bagi para ganda putri Indonesia, khususnya Rizki Amelia Pradipta/Della Destiara Haris.

Kali ini wakil Jepang unggukan kedua, Yuki Fukushima/Sayaka Hirota yang menjadi batu sandungan bagi Rizki/Della di babak pertama Indonesia Open 2018 BWF World Tour Super 1000. Rizki/Della dikalahkan pasangan rangking satu dunia tersebut dengan skor 16-21, 18-21.

Penampilan Rizki/Della sudah cukup baik di awal permainan, namun di Fukushima/Hirota yang tampil konsisten, begitu sulit untuk ditembus. Ini memang menjadi kekuatan utama putri-putri Jepang yang kerap menyulitkan lawan. Dalam beberapa turnamen terakhir, memang Rizki/Della selalu dipersulit wakil-wakil Jepang.

"Rata-rata pemain kita tidak kuat di ketahanan pemain Jepang, sementara memang itu adalah senjata utamanya Jepang, pertahanan dan serang balik. Mereka juga tahu kalau Rizki/Della tipe yang nggak tahan dari segi konsentrasinya," kata Chafidz Yusuf, Asisten Kepala Pelatih Ganda Putri PBSI.

"Rizki/Della kalau kena serang balik kadang kurang tenang. Lawan pemain Jepang itu kalau kita nyerang mereka nggak tembus, ya kita juga jangan gampang ditembus. Pertahanan harus diperkuat lagi," tuturnya.

"Kan sudah sering latihan defense? Nah ini balik lagi ada faktor non teknis juga. Tergantung dari pemain ini, akan berani banget nggak untuk melawan daya tahan mereka? Pemain Jepang itu selalu konsisten dengan fokus, konsen dan pola mainnya, dari awal sampai akhir permainan," tambah Chafidz.

Sementara itu, Rizki/Della pun mengiyakan bahwa pemain-pemain Jepang yang begitu ulet sangat sulit ditembus. Apalagi dalam lima kejuaraan berturut-turut, langkah mereka selalu dihentikan wakil Jepang.

"Kami merasa lawan lebih siap dari kami. Sebenarnya mindset tidak boleh seperti itu ya (selalu dipersulit pemain Jepang) tetapi hasilnya memang kalah. Mereka mainnya safe, tenang dan jarang mati sendiri," jelas Rizki.

"Sebetulnya kami sudah coba mengubah permainan, tapi mereka kalau ketinggalan ya step by step lagi dan kami malah mati-mati sendiri," tambah Della.

Sementra itu Fukushima/Hirota mengaku sudah mempersiapkan diri sebaik mungkin jelang pertemuan dengan Rizki/Della.

"Di Malaysia Open kemarin, Rizki/Della mendapat hasil yang cukup baik, jadi kami sudah mempersiapkan diri sebaik mungkin untuk pertandingan ini. Apalagi mereka bermain di depan publik sendiri. Kami sempat bermasalah dengan angin, tapi akhirnya kami bisa mengatasi," ujar Fukushima.

Berikut hasil pertandingan Rizki/Della dalam lima turnamen terakhir:

All England 2018: Rizki Amelia Pradipta/Della Destiara Haris (INA) vs Misaki Matsutomo/Ayaka Takahashi (JPN) 12-21, 14-21

Asia Championships 2018: Rizki Amelia Pradipta/Della Destiara Haris (INA) vs Yuki Fukushima/Sayaka Hirota (JPN) 29-27, 17-21, 11-21.

New Zealand Open 2018: Rizki Amelia Pradipta/Della Destiara Haris (INA) vs Ayako Sakuramoto/Yukiko Takahata (JPN) 8-21, 21-18, 15-21.

Malaysia Open 2018: Rizki Amelia Pradipta/Della Destiara Haris (INA) vs Misaki Matsutomo/Ayaka Takahashi (JPN) 9-21, 9-21.

Indonesia Open 2018: Rizki Amelia Pradipta/Della Destiara Haris (INA) vs Yuki Fukushima/Sayaka Hirota (JPN) 16-21, 18-21.***