MEDAN - Anggota Dewan Perwakilan Daerah Republik Indonesia (DPD RI), Darmayanti Lubis mengatakan, pihaknya masih menerima sejumlah keluhan masyarakat pada pagelaran Pilkada Serentak 2018.

Keluhan-keluhan yang diterima Darmayanti seperti masyarakat yang belum mendapat undangan C6 dan sosialisasi Komisi Pemilihan Umum (KPU) yang belum maksimal dan tidak merata.

"Karena itu, banyak masyarakat yang mengaku malas datang ke Tempat Pemungutan Suara (TPS)," kata Darmayanti saat meninjau TPS 013 di Dusun IX, Medan Estate, Kecamatan Percut Sei Tuan, Kabupaten Deli Serdang, Rabu (27/6).

Meski demikian, diakui Darmayanti bahwa antusias masyarakat dalam Pilkada Serentak 2018 cukup tinggi. Misalnya saja di TPS 013 yang ditinjaunya.

Dari 400 pemilih yang terdaftar di TPS tersebut, sudah lebih dari 100 orang yang memilih. Jumlah tersebut sudah lebih dari 30 persen yang memilih. Dirinya berharap semua dapat berjalan lancar sampai akhir.

"Banyak juga masyarakat yang masih setia menunggu untuk melakukan pemilihan," ungkapnya.

Selain di TPS tersebut, Darmayanti juga meninjau TPS I Kelurahan Tembung, Kecamatan Medan Tembung, Jalan Benteng Hulu/Bersama Ujung, Kota Medan. Di TPS tersebut ada 667 DPR. Hingga pukul 11.00 WIB sudah 187 masyarakat yang menggunakan hak pilih.

Camat Percut Sei Tuan, Timur Tumanggor mengaku, proses pemungutan suara di TPS yang ada di wilayahnya masih dalam kondisi aman. Timur sangat berharap partisipasi masyarakat semakin tinggi dibanding pemilihan-pemilihan sebelumnya.

"Belum ada laporan yang aneh-aneh. Masih dalam kondisi aman," ujarnya.

Seorang masyarakat, Hasyim Purba, mengaku antusias menggunakan hak suara pada Pilgubsu dan Pilbup Deli Serdang 2018. Namun dirinya merasa bingung karena di keluarganya hanya ia sendiri yang punya formulir C6.

"Saya sudah 18 tahun. Saya harap masyarakat lain, walau tidak punya C6 datang saja. Petugas disini komunikasinya bagus," ucapnya. ***