PALAS - Pers dan LSM memiliki peran penting menjadi pilar utama dalam penyampaian informasi ke publik dalam berbagai hal kemajuan pembangunan dan pelayanan pemerintahan kepada masyarakat. Demikian disampaikan Cabup H. Ali Sutan Harahap (TSO) menjawab pertanyaan panelis DR.Edi Ikhsan Msi terkait pemerintahan yang baik akuntabilitas dan transparansi di acara debat kandidat, Jumat (22/6/2018) di asrama Haji Sibuhuan.

Dihadapan para pendukung paslon dan undangan yang hadir, TSO menuturkan, penyampaian informasi keterbukaan terhadap publik, melalui insan pers atau awak media mengawali langkah semua program pemerintahan.

"Saya mendapat anugerah sebanyak dua kali sebagai Sahabat Pers karena wartawan memiliki peran penting dalam mendorong kemjauan daerah yang lebih baik," katanya.

Informasi yang disajikan wartawan, kata TSO, melalui pemberitaan memiliki kontribusi yang besar dalam memajukan sumber daya manusia serta penyebaran informasi sampai ke tengah masyarakat yang berada di ujung pelosok desa.

Diakui TSO, dukungan insan pers dan media dalam lingkungan pemerintah memiliki peran strategis yang cukup bermanfaat dalam penyebaran informasi secara terbuka kepada publik.

"Saya terus membangun kemitraan dengan insan pers sebagai sahabat yang selalu memberi inspirasi dalam mendukung program pemerintah. Melalui pemberitaan media, akhirnya saya mendapat anugerah dari Menteri Pendidikan kategori pemberantasan Buta Aksara," ujarnya.

Penganugerahan ini, kata dia, Karena dinilai mendorong kemajuan pendidikan serta SDM masyarakat dalam menuntaskan buta aksara melalui pembangunan pendidikan yang merata di daerah Kabupaten Palas.

Salah satu yang menjadi kebanggaan masyarakat Palas, tambahnya, di luar jawa hanya Kabupaten Palas ada kampus PSDKU IPB.

"Tentu hal ini bermanfaat bagi putra putri palas, dalam pengembangan minat dan bakat dalam bidang pertanian yang akan disumbangsihkan kepada kepentingan daerah, setelah mereka selesai menjadi sarjana nantinya," timpal TSO.