LABUHANBATU - Untuk memastikan optimalisasi pelayanan publik berjalan sebagaimana mestinya setelah cuti bersama Hari Raya Idul Fitri 1439 H, Bupati Labuhanbatu, H Pangonal Harahap ke pelayanan publik di lingkungan Pemkab Labuhanbatu, Kamis (21/7/2018). Selain itu, di hari pertama masuk kerja itu, Bupati juga melakukan inspeksi mendadak (Sidak) ke beberapa Organisasi Perangkat Daerah (OPD) untuk melihat secara langsung penegakan displin Aparatur Sipil Negara (ASN).

Sesuai Surat Perintah Bupati Labuhanbatu yang ditandatangani Sekretaris Daerah Kabupaten Labuhanbatu, No. 800/2376/ORG/2018, Tanggal 8 Juni 2018 Perihal Tim Monitoring dan Evaluasi yang merujuk kepada Surat Menteri Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Republik Indonesia No.B/8/M.SM.00.01/2018, Tanggal 7 Juni 2018 Perihal Laporan hasil pemantauan kehadiran Aparatur Sipil Negara sesudah cuti bersama Hari Raya Idul Fitri 1439 H, Bupati Labuhanbatu melaksanakan sidak pertama Ke OPD Dinas Kesehatan Kabupaten Labuhanbatu dan dilanjutkan ke Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Rantauprapat.

Dalam sidak di Dinas Kesehatan dan RSUD Rantauprapat, terlihat kehadiran ASN di kedua OPD tersebut ramai dan bersalaman dengan Kepala Daerah sekaligus mengucapkan selamat hari raya mohon maaf lahir dan batin.

Kemudian, Bupati Labuhanbatu juga melakukan idak ruangan-ruangan kerja, taman-taman kantor, fasilitas dan sarana prasarana Kantor Dinas Kesehatan dan RSUD Rantauprapat, memberikan arahan dan petunjuk langsung kepada Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Labuhanbatu, Tinur Bulan Harahap dan Direktur RSUD Rantauprapat dr. Syafril Rahmadi Maulana Harahap, agar pelayanan publik yang dinilai selama ini sudah baik dan semakin ditingkatkan.

"Sehingga masyarakat Labuhanbatu yang memerlukan pelayanan kesehatan supaya benar-benar dapat kita layani dengan sepenuh hati dan profesional," pintanya.

H.Pangonal Harahap juga melakukan interaksi tanya jawab kepada Kadis Kesehatan dan Direktur RSUD terkait program kerja yang sudah dilaksanakan dan akan terus dikembangkan.

Bupati juga mempertanyakan rencana pengembangan dan pemantapan fasilitas dan sarana prasana publik di kedua OPD ini, seperti fasilitas Ruangan ICU RSUD Rantauprapat yang sudah lengkap dan terkelola secara profesional oleh Tenaga-Tenaga Medis yang sudah bersertivikasi skala internasional, demikian juga ruangan-ruangan pelayanan RSUD lainnya.

Kemudian, Bupati Labuhanbatu memberikan arahan dan masukan kepada Kedua Kepala OPD dimaksud untuk semakin bersinergi dalam urusan bidang Kesehatan sehingga Dinas Kesehatan dan RSUD rantauprapat beserta jajarannya benar-benar optimal memberikan pelayananan kesehatan kepada masyarakat Labuhanbatu.

"Saya sangat menginginkan urusan wajib bidang kesehatan ini benar-benar mantap di semua sisi, karena hal itu adalah merupakan cita-cita yang harus diwujudkan. Kantor Dinas Kesehatan Labuhanbatu juga harus dibenahi, bila perlu dibangun baru dan terkoneksi langsung ke RSUD rantauprapat melalui semacam jembatan penyeberang dari Dinkes ke RSUD dan areal/ruang Parkir RSUD Rantauprapat yang mantap," jelasnya.

Usai dari sana, Bupati bersama rombongan melakukan sidak ke OPD lainnya, yaitu Puskesmas Sigambal, Dinas PMP2TSP, Kantor Camat Rantau Selatan, Disdukcapil, Dinas Perpustakaan dan Kearsipan, Dinas Pertanahan dan Dinas Perkim, dipimpin langsung oleh Asisten Administrasi Umum Setdakab Labuhanbatu, H. Amru Harahap.

Tim Sidak sekaligus monitoring dan evaluasi itu, yakni Kepala Daerah didampingi oleh Asisten Pemerintahan dan Sosial, H.Nasrullah, (Tugas Dinas Luar Kota), Asisten Administrasi Umum, H.Amru Harahap, Kepala Badan Kepegawaian, Pendidilkan dan Pelatihan Zainuddin Siregar, Kadis Perhubungan, Tuahta Ramajaya, Kadis Kominfo, H. Muhammad Ihsan Harahap, Kasat Pol PP, Aminullah Haris, Kabag Administrasi Protokol Setdakab Labuhanbatu Supardi Sitohang.

Sementara Tim Sidak dan Monev lainnya dipimpin Sekretaris Daerah Kabupaten Labuhanbatu, Ahmad Muflih melakukan sidak ke OPD, Setdakab, Bappeda, BKPP, BPKAD, Dinas PP2PA, Dinas LH, Inspektorat, Dinas Kominfo, Dinas PMD, BPBD, Dinas Perhubungan dan Dinas Pangan. Kemudian Sidak ke OPD Dinas Sosial, Dinas Perindag, Kantor Camat Rantau Utara, Disnaker, Disdik, Puskesmas Kota, Dispora, Satpol PP, Kesbangpol, Dinas PUPR, Dinas Pertanian, Dinas Peternakan, Dinas Koperasi dan UKM dan Dinas Kelautan dan Perilkanan, dipimpin oleh Staf Ahli Bupati Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Sosial, Hery.

"Kesimpulan dari hasil sidak, evaluasi dan monitoring yang dilaksanakan, kehadiran ASN setelah cuti bersama hari raya Idul Fitri 1439 H cukup tinggi dan pelayanan publik berjalan dengan baik," tandasnya.