MEDAN - Calon Gubernur Sumut Edy Rahmayadi mengaku prihatin bahwa masyarakat etnis Jawa di Sumatera Utara hanya menjadi objek dan dicari-cari hanya saat adanya pesta demokrasi seperti halnya Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada). Usai Pilkada, masyarakat etnis Jawa kerap terlupakan dan cenderung kurang mendapat perhatian dari oknum setelah mendapat keuntungan saat Pilkada tersebut.  "Inilah yang harus kita ubah. Sederek, Sedoyo saya ini laris manis hanya saat Pilkada. Tapi setelahnya, malah tak dianggap dan terabaikan," ujar Edy saat menghadiri Halal Bi Halal Keluarga Besar Pujakesuma di Kediaman Hj Rukmawati Jalan Garu 2A Komplek Perumahan Harjosari 1 Kecamatan Medan Amplas, Rabu (20/6/2018).

Dalam kesempatan tersebut, Edy mengingatkan perlunya masyarakat etnis Jawa bersatu untuk mengembangakan adat istiadat serta membangkitkan kembali nilai-nilai gotong royong, guyub rukun di dalam masyarakat terutama di daerah perkotaan. 

Edy pun membayangkan jika semangat Guyub bisa diterapkan, maka akan mampu meringankan beban dan persoalan kesenjangan sosial ditengah-tengah masyarakat. Dan yang paling utama bagaimana menunjukan peran serta dan kekompakan masyarakat etnis Jawa sebagai salah satu Etnis terbesar di Sumut. 

"Di Langkat saya temukan ada namanya. Mbok Minah sudah tua hidupnya memprihatinkan, makan hanya dengan daun ubi saja. Saat yakin di Sumut ini banyak mbok Minah-mbok Minah lainnya. Kenapa ini terjadi karena Guyub ini sudah hilang. Makanya semangat gotongroyong dan saling perduli antar sesama harus dibangkitkan," ujar Edy. 

Selain tidak melupakan adat istiadat dan tradisi, Edy pun mengingatkan, keberadaan masyarakat Etnis Jawa di Sumut harus memberi manfaat untuk daerah tempat dirinya berada. 

"Orang Jawa itu punya jati diri. Dan sebagai orang Jawa di Sumut kita harus berguna untuk daerah ini. Kita lahir, hidup dan mencari makan di sini, tentu kita juga harus merasa memiliki Sumut ini. Sumut ini harus kita jaga. Jangan kita rusak hanya karena orang yang baru ke Sumut," tegas Edy disambut tepuk tangan meriah masyarakat Etnis Jawa yang hadir.

Selain keluarga Besar Pujakesuma,  tanpak hadir dalam acara tersebut Laskar Joko Tingkir yang terlihat setia mendampingi Edy Rahmayadi. Selain itu juga Calon Wakil Gubernur Sumut Musa Rajekshah 'Ijeck' terlihat hadir usai Edy Rahmayadi selesai membawakan tiga lagu dan hendak berpamitan meningalkan lokasi acara. *