MEDAN - Setelah penantian selama 20 tahun, akhirnya Sekretariat Karang Taruna Sumatera Utara (Sumut) yang representatif diresmikan langsung Gubernur Sumatera Utara, HT Erry Nuradi, Jumat (8/6/2018) malam, usai berbuka puasa bersama di Jalan Sekip Baru, Petisah. Gubsu Erry Nuradi dalam sambutannya mengatakan bahwa organisasi Karang Taruna merupakan lembaga yang diakui pemerintah. Keberadaannya sebagai mitra, dalam rangka mendukung dan membantu pembanguan yang berjalan, mulai tingkat desa, kecamatan hingga kabupaten/kota. Karena itu, pemerintah daerah (Pemda) perlu memberikan perhatian dalam perjalanan Karang Taruna.

"Kalau ada ucapan terimakasih kepada kami (Pemprov Sumut) karena perhatian kepada Karang Taruna, padahal sebaliknya. Kami yang harus berterimakasih kepada Karang Taruna. Karena telah banyak memberikan kegiatan-kegiatan positif di tengah masyarakat, dari tingkat desa, kecamatan hingga kabupaten, terus bergeliat membuat kegiatan yang berguna dalam membantu pembangunan," kata Erry Nuradi, disambut tepuk tangan para pengurus Karang Taruna kabupaten/kota se-Sumut.

Dengan itu pula, kata Erry Nuradi, pihaknya terus konsisten selama masa kepemimpinannya baik di Serdangberdagai maupun di Pemprov Sumut, untuk hadir di tengah-tengah Karang Taruna. Apalagi dirinya punya banyak sejarah, dari mulai penghargaan sebagai Pembina Karang Taruna pada 2006, hingga 2008 Segrai yang masih dalam pimpinannya, ditetapkan sebagai bumi Karang Taruna Sumut.

"Kadernya telah teruji. Walaupun masih ada beberapa kabupaten/kota yang belum memberikan perhatian kepada Karang Taruna, paling tidak sekarang sudah lebih maju dari sebelumnya," jelasnya.

Sementara, Ketua Karang Taruna Sumut Solahudin menyampaikan terimakasih kepada Gubsu Erry Nuradi yang telah memperhatikan organisasi ini dengan alokasi bantuan dari APBD hingga Rp3 miliar. Sehingga gedung sekretariat Karang Taruna Sumut yang cukup besar hingga tiga lantai itu, bisa digunakan pengurus dan kader di tingkat provinsi hingga desa.

"Dari awal kita mengawal Gubernur Sumut Tengku Erry Nuradi, dan kita tetap mengawal sampai akhir jabatan beliau. Kami berdoa Bapak melanjutkan langkah sebagai caleg DPR RI. Karang Taruna siap mendukung kadernya untuk maju," sebutnya.

Acara peresmian tersebut ditandai dengan penandatanganan prasasti dan pengguntingan pita yang dilanjutkan dengan meninjau kondisi dalam gedung. Turut hadir di acara tersebut tokoh masyarakat Muhammad Hatta, Kepala Dinas Sosial Provsu H Rajali dan Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa Provsu H Aspan Sofian Batubara.