LABUHANBATU - Ribuan personel kepolisian dari Polres Labuhanbatu dan juga para undangan memadati Mapolres Labuhanbatu Jalan Thamrin No 1, Kelurahan Bakaranbatu, Kecamatan Rantau Utara, Kabupaten Labuhanbatu, Selasa (5/6/2018). Kapolres Labuhanbatu AKBP Frido Situmorang dalam arahannya menyampaikan rasa syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa atas kasih dan rahmat-NYA sehingga keluarga besar kepolisian Polres Labuhanbatu dapat berkumpul melaksanakan ibadah bulan suci Ramadhan 1949 H dan buka puasa sembaru mendengarkan tausiyah Al-Ustadz Nurul Ihsan Sitorus, SH, MA.

"Mari kita jadikan malam keakraban buka puasa keluarga Besar Polres Labuhanbatu ini menjadi media silaturahmi antara sesama anggota dan juga masyarakat. Apalagi sebentar lagi kita akan merayakan Hari Raya Idul Fitri, mari kita rajut keharmonisan sekaligus dilanjutkan pada 27 Juli 2018 pilgubsu, tentunya kita berharap akan berjalan aman, lancar dan kondusif," harapnya.

Ibadah puasa, kata dia, bukan hanya menahan haus dan lapar saja. Akan tetapi juga dihadapkan dengan tantangan melawan hawa nafsu untuk tidak mudah terprovokasi dengan isu yang tidak jelas sumber dan kebenarannya (hoax). Ini bukanlah hal yang mudah, tentunya harus melalui tekad dan iman yang kuat agar kuat menjalankan ibadah puasa yang diridhoi Tuhan Yang Maha Esa.

"Pada kesempatan ini saya mengimbau kepada seluruh hadirin untuk waspada dan menjauhkan diri dari paham paham radikal. Jangan biarkan paham radikalisme dan terorisme bertumbuh kembang di bumi Labuhanbatu Raya ini," tegasnya.

"Mari kita peduli terhadap daerah, lingkungan kita. Jika ada gerakan atau perkumpulan yang mencurigakan atau kehadiran orang asing di wilayah dan lingkungan kita masing-masing, segera laporkan kepada Polri," pintanya.

Kepada seluruh personel kepolisian Polres Labuhanbatu, AKBP Frido meminta untuk memberikan pelayanan yang baik kepada masyarakat dengan humanis, ikhlas dan tanpa mengharap imbalan.

"Kita harus mampu melaksanakan amanah dari Kapolri, propesional, modern dan terpercaya, menjadi panutan dan teladan di tengah masyarakat serta jadi pelindung dan pengayom bagi masyarakat," jelasnya.

Di akhir arahannya Frido menutup dengan sebuah pantun. "Petik buah di kebun seratus, buah dibawa ke pasar pagi, jamuan tulus kami ini dari hati, terucap terimakasih dan Semoga kita dapat bertemu," tutup Frido.

Tampak hadir dalam acara tersebut seluruh Kabag, Kasat, Kapolsek, Dandim 0209/LB diwakilkan Kasdim Mayor Inf Eriko Cholifa, Bupati Labuhanbatu H Pangonal Harahap, Bupati Labura H. Khairuddin Syah, Bupati Labusel H. Wildan Tanjung, Kajari Labuhanbatu, Setyo Pranoto SH, MH, Ketua Pengadilan Negeri Ketua MUI, Ketua Al Washliyah, Kandepag, Alim ulama, Tokoh agama, tokoh masyarakat, Tokoh Pemuda Kabupaten Labuhanbatu.

Pada kesempatan itu, Kapolres Frido juga memberikan santunan kepada 20 kaum duafa, 25 anak yatim, dan 5 pengasuh panti asuhan.

Sebelumnya, ayat susi Al-Qur'an berkumandang di Polres Labuhanbatu, yang dibawakan Hari Mulia, siswa dari Madrasah Aliyah Swasta Nur Ibrahimovic (juara 1 MTQ remaja tingkat kabupaten).*