MEDAN - Dalam rangka memperingati Nuzulul Qur'an, pemuda di Komplek Griya Raihan mengadakan acara buka bersama di Masjid Asma Binti Abu Bakar.

Acara buka bersama ini dibuat untuk mempererat hubungan antar masyarakat di komplek perumahan tersebut. Hal ini dikatakan Ketua Perhimpunan warga Griya Raihan M Taupik Hilmi Lubis.

Ia berharap dengan adanya kegiatan buka bersama ini, bisa semakin mengikat persaudaraan sesama warga komplek. "Acara ini juga semoga warga komplek bisa menjadikan masjid sebagian teman ibadah yang lebih baik daripada di rumah," katanya.

Ia menyatakan ini kegiatan kali pertama dilakukan namun ini akan berkelanjutan disetiap Ramadan tiba.

"Cuma dengan kegiatan seperti ini semua warga bisa saling kenal dan bertegur sapa,"ujarnya.

Acara berbuka puasa yang dilakukan di Jalan Puskesmas II, Kelurahan Sunggal, Kecamatan Medan Sunggal ini dibuka dengan lantunan nasyid dan pembagian sumbangan ke anak yatim piatu. Dan setelah itu, diisi oleh ceramah ustad yang dibawakan oleh HM Nadzrul Fackhri sembari menunggu waktu berbuka.

Ustad berceramah tentang Nuzulul Qur'an. Ia mengatakan Nuzulul Qur'an yang secara harfiah berarti turunnya AlQuran adalah istilah yang merujuk kepada peristiwa penting penurunan Al Qur’an secara keseluruhan diturunkan dari Lauhul Mahfuzh ke Baitul ‘Izzah di langit dunia.

"Al Qur'an diturunkan berangsur-angsur kepada Rasul -shallallahu ‘alaihi wa sallam- sesuai dengan peristiwa-peristiwa dalam jangka waktu sekitar 23 tahun,"ujarnya.

Sementara itu, Sekcam Sunggal Baharuddin Ritonga mengatakan kegiatan ini sangat bagus dan bisa menjalin kedekatan antara sesama warga di Komplek Griya Raihan ini.

"Semoga acara ini terus berjalan sehingga, persaudaraan dan silaturrahmi di sini tetap terjaga,"ujarnya.

Ia mengatakan pihaknya dari kecamatan sangat mendukung kegiatan positif yang bertujuan untuk menyatukan sesama warga.

"Dengan adanya kegiatan ini, saya yakin daerah ini akan aman dan nyaman, karena warganya saling kenal,"katanya. ***