MEDAN - Pembangunan kontruksi jalan tol Medan - Kualanamu - Tebing Tinggi (MKTT) seksi 1 Tanjung Morawa - Parbarakan sepanjang 10,75 Km sudah rampung. Rencananya ruas tol tersebut sudah bisa dipergunakan paling lambat H-5 Lebaran.

Direktur Teknik dan Operasional PT Jasa Marga Kualanamu, Agus Choliq, mengatakan, etika seksi 1 sudah difungsikan, maka pengguna jalan tol Belawan-Medan-Tanjung Morawa (Belmera) bisa langsung menuju ke tol MKTT.

"H-5 atau H-7 sudah akan dipergunakan, jadi yang dari Belmera bisa langsung belok ke MKTT, tanpa keluar terlebih dahulu. Namun, operasionalnya masih menunggu keluarnya izin fungsional dari Kementerian Pekerjaan Umum dan Kementerian Perhubungan," ujar Agus.

Dia yakin, izin fungsional yang dimaksud sudah dapat keluar pekan depan. Sehingga, jalan tol Belmera dan MKTT sudah bisa dipergunakan saat arus mudik dan arus balik Lebaran.

"Kalau fungsional biasanya masih gratis, setelah itu baru dikenakan berbayar. Tol MKTT sendiri baru bisa dipergunakan sampai Sei Rampah karena seksi 7 (Sei Rampah - Tebing Tinggi) masih sedang dalam tahap kontruksi," jelasnya.***