MEDAN - Walikota Medan menyalurkan zakat untuk 10.000 warga kurang mampu yang tersebar di 21 kecamatan di Kota Medan, Sabtu (2/6/2018). Zakat yang dibagikan tersebut merupakan hasil zakat yang terkumpul dari Walikota beserta keluarga, Wakil Walikota Medan Ir H Akhyar Nasution MSi, Sekda Kota Medan Ir Syaiful Bahri Lubis beserta seluruh pejabat di jajaran Pemko Medan.

Penyaluran zakat dilakukan Walikota didampingi Ketua TP PKK Kota Medan Hj Rita Maharani Dzulmi Eldin SH di halaman Masjid Raya Al Osmani Jalan Yos Sudarso, Kelurahan Pekan Labuhan, Kecamatan Medan Labuhan. Untuk Kecamatan Medan Labuhan, sebanyak 800 paket yang dibagikan. Selanjutnya paket diberikan kepada 800 warga kurang mampu nyang bermukim di 6 kelurahan.

Adapun zakat yang dibagikan tersebut berupa paket berisi beras 5 kg, gula pasir 2 kg, minyak gorek 1 liter serta uang tali asih. Pembagian zakat disaksikan Kasatpol PP Kota Medan M Sofyan, Kabag Agama Adlan, Kabag Humas Ridho Nasution, Ketua BKM Masjid Raya Osmani Ahmad Fahruni serta Camat Medan Labuhan Arrahman Pane beserta jajaran lurah.

Pembagian zakat merupakan kegiatan rutin yang dilakukan Pemko Medan setiap bulan Ramadhan tiba sebagai bentuk rasa peduli terhadap sesama yang hidupnya kurang beruntung. Walikota berharap agar zakat yang diberikan itu dapat membantu meringankan beban warga kurang mampu dalam menjalani ibadah puasa sekaligus menyambut Idul Fitri 1439 H.   

"Semoga dengan pembagian zakat ini warga kurang mampu bisa merasa tenang dan lebih khusuk melaksanakan ibadah puasa yang tinggal beberapa hari lagi, termasuk persiapan untuk menyambut datangnya Hari Raya Idul Fitri 1439 H," kata Walikota.

Warga terlihat begitu gembira menerima zakat tersebut. Salah seorang warga yang telah berusia lanjut, Hasanah (75), warga Kelurahan Sei Mati merasa bersyukur atas pemberian zakat tersebut. Dia mengaku sangat terbantu sekali dengan diberikannya zakat itu di tengah kondisi pekonomian yang sulit seperti saat ini.

"Alhamdulillah, saya merasa bersyukur dan mengucapkan terima kasih atas pemberian zakat dari Bapak Walikota. Apalagi pemberian zakat ini dilakukan rutin setiap bulan Ramadhan tiba. Semoga pemberian zakat seperti ini terus dilakukan dan kami pun senantiasa mendoakan agar Bapak Walikota diberi kekuatan dan kesehatan sehingga dapat menjalankan tugasnya dengan baik,” ungkap Hasanah.

Usai pembagian zakat, Walikota didampingi Ketua TP PKK selanjutnya meninjau ruangan dan sekeliling Masjid Raya Osmani. Peninjauan filakukan untuk melihat kondisi masjid bersejarah. Dia berharap masjid bersejarah dan tertua di Kota Medan serta kini masuk menjadi salah satu cagar budaya itu tetap terawat dengan baik.

Sementara di tempat terpisah, Wakil Walikota Medan Ir Akhyar Nasution MSi membagikan zakat di Kantor Lurah Tanjung Mulia, Kecamatan Medan Deli. Sebanyak 600 paket zakat dibagikan kepada kaum dhuafa, fakir miskin dan warga kurang mampu yang bermukim di kecamatan tersebut.

Ditegaskan Wakil Walikota, zakat yang dibagikan itu bukan berasal dari APBD melainkan zakat dari para pejabat di lingkungan Pemko Medan dan dikumpulkan menjadi satu untuk selanjutnya dibagikan kepada warga yang berhak menerimanya. “Zakat ini merupakan bentuk kepedulian dalam rangka membantu meringankan beban saudara-saudara kita yang hidup dalam kekurangan,” jelas Akhyar.

Sedangkan Sekda Kota Medan Ir Syaiful Bahri Lubis membagikan zakat kepada 1.000 warga kurang mampu di Kecamatan Medan Belawan. Pembagian dipusatkan di Kantor Camat Medan Belawan Jalan Cimanuk disaksikan Kadis Komifo Kota Medan Zein Noval dan Kepala Kesbang Linmas Ceko Wakhda Ritonga.

Total zakat yang dibagikan Wali Kota, Wakil Wali Kota dan Sekda sebanyak 2.400 paket zakat, sedangkan sisanya 7.600 paket jakat lagi dibagikan oleh pimpinan OPD di lingkungan Pemko Medan di 18 kecamatan lainnya. Walikota berpesan, penyaluran seluruh zakat Pemko Medan sebanyak 10.000 paket itu selesai hari itu juga.(Aldi Aulia)