MEDAN - Maskapai nasional Garuda Indonesia memperkenalkan produk kelas penerbangan terbaru "Economy Basic" atau Eco Basic untuk terbang dengan harga terjangkau. Meski terjangkau, namun value layanan khas maskapai bintang 5 tetap tersedia.

Produk Eco Basic ini berlaku khusus untuk rute penerbangan yang dilayani armada ATR 72-600 dan Bombardier CRJ 1000. Khususnya pada rute pendek, seperti Medan-Gunung Sitoli, Medan-Sabang, Medan-Silangit, Medan-Sibolga hingga Medan-Loksemawe.

Bahkan, untuk Medan-Silangit saja, traveler yang hobi ke Danau Toba cukup membayar Rp 300.000. Traveler sudah bisa tetap menikmati penerbangan berkelas bintang 5.

Peluncuran produk Eco Basic dengan konsep #sekarangsemuabisanaikgaruda itu berlangsung di Pelataran Halaman Plaza Medan Fair.

Acara yang berlangsung hingga buka bersama itu diwarnai dengan hiburan menarik dan promosi menarik.

VP Regional Sumatera Garuda Indonesia, Dian Ediono, mengatakan, sejalan dengan potensi market yang semakin menjanjikan khususnya pada rute penerbangan short haul yang dilayani ATR 72-600 dan Bombardier CRJ 1000 kehadiran kelas Eco Basic ini diharapkan dapat mengakomodir demand market yang mengedepankan konsep traveling "Value for Money".

"Economy Basic sudah mulai ditawarkan ke masyarakat dari tanggal 21 Mei 2018 lalu untuk penerbangan di tanggal 28 Mei 2018 pada 21 rute armada ATR 72-600 dan Bombardier CRJ 1000 khususnya di sejumlah rute penerbangan tujuan Medan, Palembang, Pontianak, Balikpapan dan Ujung Pandang," kata Dian.

Dia menuturkan, dari Economy Basic yang diperkenalkan jelang periode peak season ini sekaligus diharapkan dapat mengakomodir kebutuhan masyarakat yang akan pulang ke kampung halaman menggunakan layanan Garuda Indonesia dengan harga terjangkau. Melalui kelas penerbangan terbaru ini pihaknya menyasar segmen pengguna jasa baru seperti generasi muda milenial yang mengedepankan value experience perjalanan serta group traveler yang memprioritaskan harga tiket penerbangan yang lebih kompetitif.

Dia menilai selama ini Garuda Indonesia dikenal dengan maskapai berkelas. Kini menyediakan layanan Eco Basic yang dapat dijangkau masyarakat luas.

"Sesuai dengan tema kita, Semua bisa terbang bersama Garuda. Jadi, itu ada sekitar 12 seat kita sediakan untuk Eco Basic setiap penerbangan menggunakan pesawat ATR atau Bombardier," tegasnya. ***