MEDAN - Komisi Pengawas Persaingan Usaha (KPPU) yang diketuai langsung oleh Kepala KPD KPPU Medan, Ramli Simanjuntak bersama staff KPPU KPD Medan melakukan sidak ke feedlooter PT Juang Abdi Alam di kawasan Tanjung Morawa, Deliserdang.

David Yasir, Kepala Bagian Pemasaran PT Juang Abdi Alam mengatakan saat ini stok sapi tersedia 3.900 ekor dan ada sekitar 2.200 siap potong. Dinyatakannya hingga Lebaran tepatnya sampai bulan Agustus stok sapi aman.

Dirincikannya dari 3.900 ekor sapi tadi terdapat harga yang ditawarkan ke pembeli dengan pilihan sapi jantan (steer) Rp42.000 per kg sedangkan sapi betina (healfar) Rp41.800 per kg nya.

“Nah, harga jual ini tak berubah dari bulan lalu. Sedangkan harha beli kami Rp49.000 per kg. Adapun sapi yang ada di peternakan ini berasal dari Australia. Kenapa kemarin harga daging sapi naik jadi Rp130.000 per kg karena adanya pedagang musiman di saat hari besar agama seperti jelang puasa dan lebaran dan kompleksitas pemotongan naik jadi 200%. Begitupun harga tersebut masih wajar,” katanya pada wartawan, Jumat (18/5/2018).

Menurut David, sudah ada langganan tetap yang membeli sapi di feedloter ini yang berasal dari Medan dan Aceh. Begitupun ia mengatakan siapa saja bisa membeli langsung sapi di PT Juang Abdi Jaya termasuk masyarakat biasa namun pihaknya yang menentukan tempat Rumah Potong Hewan (RPH) untuk menghindari pemotongan yang salah.

“Saat ini untuk permintaan masih sepi dan itu berlangsung sekitar seminggu awal puasa. Permintaan meningkat nanti memasuki H-5 sampai H-2 Lebaran seperti tahun lalu kenaikan mencapai 224%. Dan, di sini dijamin jelang lebaran tak ada kenaikan harga sapi,” terangnya.

Untuk itu, Ramli Simanjuntak menuturkan  masyarakat tak perlu panik mengenai stok sapi, bahwa stok daging sapi aman. Sebab stok sapi ini yang masuk ke RPH benar-benar aman.

“Jadi hasil sidak ini sapi nya siap dan stok banyak dan aman. Stok sapi yang akan di potong masuk ke RPH sangat-sangat aman untuk Sumut dan sampai Aceh. Jadi jangan khawatir mengenai stok. Dan, harga sudah dijelaskan juga normal tak ads kenaikan signifikan sebab di feedloter juga sekitar Rp42.000 per kg nya. Jadi soal harga ini kita fokus di tingkat pedagang saja. Sebab di pedagang 1, 2, 3 dan 4 di situ lah yang mendapat perhatiannya,” pungkas Ramli. ***