MEDAN - Peringatan 20 tahun reformasi akan digelar di Kota Medan. Acara yang dijadwalkan dihelat di Medan Club itu akan menghadirkan dua tokoh nasional Ratna Sarumpaet dan Rocky Gerung. Inisiator acara, Saharuddin mengatakan peringatan itu bertajuk Satu Forum 20 Tahun Reformasi: Indonesia Darurat Korupsi.

"Dilaksanakan Jumat 11 Mei 2018 di Deli Hall Medan Club Jalan Kartini Medan pukul setengah dua siang," kata Saharuddin.

Kata Saharuddin, acara dihelat dalam bentuk diskusi lintas komunitas tentang perjalanan 20 tahun reformasi di Indonesia.

"Kita sengaja menghadirkan Rocky Gerung dan Ratna Sarumpaet yang suara kritisnya perlu kita dengarkan langsung. Kita fokus pada persoalan korupsi yang kesannya masih jalan di tempat meski UU diamandemen empat kali," kata Saharuddin.

Diungkapkan Saharuddin, diskusi roundtable Satu Forum 20 tahun reformasi akan dimoderatori oleh Presidium Medan Jurnalis Club (MJC) Muhammad Asril.

Selain Rocky dan Ratna, forum juga menghadirkan sejumlah pihak. Di antaranya Ketua KNPI Sumut Sugiat Santoso yang akan membahas 'Politisasi Pemberantasan Korupsi?'.

Juga menghadirkan pihak-pihak yang pernah bersentuhan langsung dengan peristiwa reformasi 1998.

"Nanti akan ada testimoni dari Dadang Darmawan Pasaribu, Ikhyar Velayati, Hamdani Harahap dan unsur aktivis 98 yang kini masuk pada partai koalisi pemerintahan," tukas Saharuddin.