PALAS – Menuju Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Padang Lawas Tahun 2018, Komisi Pemilihan Umum (KPU ) Kabupaten Palas turun ke sekolah -sekolah melaksanakan sosialisasi kepada pemilih pemula, Senin (7/5/2018). Sosialisasi yang dilaksanakan di 3 kecamatan diawali dari SMA Kecamatan Ulu Barumun, SMK Kecamatan Lubuk Barumun dan MAN Marenu, Kecamatan Aek Nabara Barumun atau 80 pelajar dari masing-masing sekolah.

Ketua KPU Palas, Syarifuddin Daulay melalui Komisioner Divisi SDM dan Parmas, Amran Pulungan mengatakan, sosialisasi kepada pemilih pemula ini bertujuan untuk memberikan pemahaman mengenai pentingnya pemilu bagi generasi muda, khususnya calon pemilih pemula yang terdaftar dalam Daftar Pemilih Tetap (DPT) Pilkada Serentak 2018.

“Pemilu adalah pesta demokrasi yang penting bagi seluruh rakyat, termasuk bagi pemuda sebagai perwujudan kedaulatan rakyat dalam menentukan pemimpin secara konstitusional,” terang Amran.

Ia menambahkan, bahwa pemilu ini menjadi penting bagi pemilih pemula dikarenakan pemilih pemula, yang didominasi oleh kaum remaja atau pemuda yang terdiri dari pelajar, mahasiswa, atau pekerja muda sangat strategis.

“Pemilih pemula adalah mereka yang baru memasuki usia pemilih (17 tahun_RED) atau baru pertama kali menggunakan hak pilihnya dalam Pemilu khususnya dari kalangan pelajar," sebutnya.

Amran menjelaskan, karakteristik permilih pemula ini harus diperhatikan sebagai bahan dalam mengoptimalkan partisipasi pemilih pemula. Mulai dari karakter kritis dan mandiri, apatis, buta politik, memiliki rasa ingin tahu dan antusiasme yang tinggi hingga karakter yang menuntut perubahan.

“Pemilih pemula ini jumlahnya sangat banyak, dan mereka juga turut memegang peranan penting dalam penentuan pemilihan,” tuturnya.

Kegiatan sosialisasi juga dirangkai dengan sesi tanya jawab, simulasi Tempat Pemungutan Suara (TPS), hingga tentang cara mencoblos yang benar agar pemilih pemula dapat menyalurkan hak suaranya dengan tepat dalam pilkada nantinya. *