SERGAI - Belasan warga Dusun 5, Desa Ujung Rambung, Kecamatan Pantai Cermin, Sergai melakukan aksi demo ke kantor Bupati Sergai menuntut ditutupnya ternak babi dan pabrik pengelolaan timah dan aluminium, Rabu (2/5/2018).

Dalam orasinya warga minta ketegasan pihak Pemkab Sergai dalam menutup ternak babi mengakibatkan rusaknya tanaman padi petani akibat limbah dari ternak babi mengalir ke sawah.

Selain itu pendemo juga menuntut Bupati Sergai dalam mengambil tindakan tegas menutup pabrik pengelolaan timah dan aluminium. Pasalnya limbah dan polusi udara dari pabrik tersebut sangat meresahkan warga.

Para pendemo datang dengan menggunakan mobil pick up serta sepanduk sempat emosi karena mereka tidak diperkenankan masuk kedalam kantor Bupati. Setelah mereka mengancam akan memblokir jalan akhirnya para pendemo diperkenankan orasi di halaman kantor Bupati.

Junaidi dalam orasinya menyesalkan tidak adanya pejabat Sergai mulia dari Bupati dan Wakil berkenan untuk menerima aspirasi mereka. Bahkan Sekda Sergai Drs Hadi Winarno diharapkan mereka mau menerima juga tidak kunjung datang.

“Apa kami orasi hanya untuk ditonton bukan diterima aspirasi kami,” bilang Junaidi dengan pengeras suara.

Junaidi menuding, pihak Pemkab Sergai lemah dalam melakukan penindakan terhadap ternak babi dan pengelola pabrik timah dan aluminium di Desa Ujung Rambung tidak mempunyai izin. Sementara limbah dan polusi udara dari keduanya sangat mengganggu warga.

“Kami sudah minta lingkungan hidup untuk menindaklanjuti tapi hasilnya sampai sekarang nol,” ujarnya.***