PALAS - Melalui program Corporate Social Responsibility (CSR), PT Victorindo Alama Lestari (VAL) Hutalombang, Kabupaten Padang Lawas melaksanakan Pengobatan gratis, Kamis (26/4/2018) di halaman Madrasah Diniyah Awaliyah (MDA) Desa Hutalombang, Kecamatan Lubuk Barumun. Tampak hadir Kandir PT PHG hadir Tim CSR Rudi Sandi, Ferry, dan Rizki, Manager PT VAL diwakili Asisten Manager Heriyanto, Humas Anwar Saleh, Fauzul, Annisah, Daniel, dari KTU Kebun Nagar-gar Mhd Erim, Fredy Anggara.

Hadir juga Camat Lubuk Barumun Ridwan Saleh, Kepala Puskesmas Latong dr Sri Dewi Bahagia, mewakili Polsek Barumun Frengki, Kepala Desa Hutalombang Sutan Hasibuan beserta kader-kader kesehatan desa Hutalombang.

Kegiatan tersebut mendapat sambutan antusias dari masyarakat dan semua unsur pemerintah setempat.

Masyarakat yang hadir dalam kegiatan pengobatan gratis mendapat penyuluhan kesehatan tentang pencegahan penyakit stanting yang disampaikan dr Sri Dewi Bahagia. Usai penyuluhan dilanjutkan dengan sesi tanya jawab.

Selama kegiatan berlangsung, masyarakat tidak hanya mendapatkan pelayanan pemeriksaan kesehatan dan pengobatan gratis, tetapi juga mendapatkan fasilitas pelayanan pemeriksaan tekanan darah, gula darah, kolesterol dan asam urat.

Asisten Manager PT VAL Heriyanto didampingi Humas PT VAL Anwar Saleh Hrp mengatakan, kegiatan terlaksana berkat bekerjasama dengan pihak Dinas Kesehatan Kabupaten Padang Lawas (Palas) melalui Puskesmas Latong dan pemerintahan desa Hutalombang.

Dikatakan, Pengobatan gratis itu sekaligus penyuluhan dan pemeriksaan kesehatan kepada ratusan masayarakat desa Hutalombang.

Kegiatan dimaksud merupakan wujud kepedulian perusahaan terhadap kesehatan masyarakat yang berada disekitar areal konsensi perusahaan.

“Kami sadar kesehatan merupakan hak dasar setiap individu. Untuk itu, melalui program CSR sehat bertujuan untuk membantu masyarakat disekitar unit operasional perusahaan ,”ungkapnya.

Untuk itu, kata Heriyanto melalui kontribusi CSR sehat pengobatan gratis dapat memberikan dampak dan manfaat yang berarti bagi masyarakat disekitar operasional, dan kedepan bisa semakin mempererat hubungan silaturrahim antara perusahaan, pemerintah daerah dan masyarakat.

Dalam kesempaatan itu Kepala Puskesmas Latong dr Sri Dewi Bahagia mengatakan, kegiatan pengobatan gratis yang dilaksanakan PT VAL merupakan kegiatan perdana yang dilaksanakan oleh perusahaan di Kecamatan Lubuk Barumun dan sekitarnya.

“Melalui kegiatan yang dimaksud, kiranya masyarakat tidak hanya memeriksakan kesehatan saja, tetapi juga berkonsultasi tentang kesehatan,” terangnya.

Kepala Desa Hutalombang Sutan Hasibuan mengatakan, kegiatan terlaksana berkat kerjasama dan koordinasi yang baik antara Tim CSR PT VAL, Dinas Kesehatan Palas melalui Puskesmas Latong bersama pemerintahan desa Hutalombang.

Camat Lubuk Barumun Ridwan Saleh mengucapkan terimakasih, kepada pihak PT VAL yang telah melaksanakan kegiatan pengobatan gratis kepada masyarakat, mudah-mudahan kegiatan yang sama juga bisa dilaksanakan diseluruh desa se-Kecamatan Lubuk Barumun.

Secara terpisah, Mia Pasaribu (64) salah satu warga desa Hutalombang usai mendapatkan pengobatan gratis mengatakan, kegiatan pengobatan gratis sangat membantu sekali,

Selain mendapatkan pengobatan gratis, masyarakat semakin bertambah pengetahuannya tentang pola hidup sehat dan bersh melalui penyuluhan kesehatan.