PALAS - Tiga pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Padang Lawas akan mengikuti debat kandidat yang akan digelar pada Minggu (29/4/2018) nanti di Hotel Emerald Garden, Jalan Yos Sudarso Medan. Para pasangan calon kandidat sudah melakukan persiapan khusus jelang debat kandidat.

"Debat kandidat merupakan pertarungan ide yang dipaparkan secara lugas dan tepat, biar masyarakat yang menilai pemimpinnya yang punya gagasan yang bisa diaplikasikan ketika terpilih," ujar Komisioner KPU Divisi Parmas dan SDM, Amran Pulungan, Kamis (26/4/2018).

Dikatakannya, setelah debat kandidat nantinya, masyarakat dapat menilai pilihan kepada calon pemimpin yang bertarung di Pilkada Palas.

Debat terbuka Pilbup Palas yang diselenggarakan KPU Palas, terdapat 4 segmen. Pertama tentang pemaparan visi misi, kedua tentang penajaman visi misi, ketiga, tanya jawab dan tanggapan antar paslon dan keempat, penyataan masing-masing paslon.

"Semua persiapan debat hampir rampung baik mekanisme debat dan acaranya sudah rampung. Termasuk tema debat," ujar dia.

Tema yang akan diangkat dalam debat kandidat kali ini, sambungnya, terkait pelayanan publik dan peningkatan partisipasi masyarakat serta pertumbuhan ekonomi dan penanggulangan kemiskinan.

"Soal tema, melalui Liaison Officer (LO) sudah disampaikan kepada pasangan calon. Debat kandidat Pilbup Palas ini disiarkan langsung (Live) oleh salah satu TV swasta iNews TV mulai pukul 15.00 sampai pukul 16 00," terangnya.