PALAS - Sekda Palas Arpan Nasution bersama Pejabat Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikdasbud) Kabupaten Padang Lawas, memonitoring pelaksanaan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) tingkat SMP sederajat, Senin (23/4/2018). Mengawali kunjungan hari pertama UNBK, kedua pejabat ini meninjau pelaksanaan ujian di SMP N 2 Barumun dan Madrasah Tsanawiyah swasta Al Hakimiyah di Paringgonan. Di mana, pelaksanaan ujian berjalan lancar dan tertib.

“Dari hasil pantauan dan monitoring yang kita lakukan di sejumlah sekolah penyelenggaraan UNBK Tahun 2018, berjalan baik dan lancar sesuai ketentuan yang ditetapkan Disdikbud," kata Sekda disela monitoring.

Dikatakannya, sarana komputer bagi siswa peserta ujian tidak ada kendala untuk proses pelaksanaan ujian bagi peserta didik.

"Sesuai dengan waktu dan kebutuhan ruangan bagi peserta anak didik juga tidak mengalami kendala untuk menyelesaikan semua pertanyaan materi soal ,” ujar Arpan.

Sementara, Kabid Dikdasmen Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Palas, M. Rasyidi Hasibuan mengatakan pelakasaan UNBK hari pertama berjalan baik.

Pelaksanaan UNBK ini berlangsung selama empat hari dimulai Senin sampai Kamis (26/4/2018). Diharapkan, tetap berjalan dengan baik sesuai ketentuan. 

“Harapan kita peserta didik tingkat SMP sederajat dapat meraih keberhasilan kelulusan yang baik dengan persentase angka kelulusan mencapai 95 persen," harapnya.

Peserta sebelum menghadapi UNBK, katanya, telah diberikan pembekalan pelatihan kemampuan dari sekolah masing-masing perihal tata cara pengoperasian komputer dengan benar, sehingga tidak diragukan kemampuan siswa dapat memberikan jawaban materi soal yang diujikan. 

Kata Rasyidi, peserta UNBK tahun 2018 ini mencapai 4.808 siswa dengan rincian peserta dari SMP negeri dan swasta berjumlah 2.063 siswa dengan 36 sekolah penyelenggara UNBK.

Sedangkan, di lingkungan sekolah Madrasah Tsanawiyah negeri dan swasta, jumlah siswa peserta UBNK sebanyak 2.745 siswa dengan sekolah penyelenggara ujian, 35 sekolah yang tersebar di 12 kecamatan se Kabupaten Palas.*