MEDAN - Harga sejumlah kebutuhan pokok di Sumatera Utara (Sumut) belakangan mengalami penurunan yang sangat tajam. Harga cabai merah yang sebelumnya sempat bertahan dikisaran Rp36.000 hingga Rp40.000 per Kg, saat ini hanya dijual dikisaran Rp25.000 per Kg. harga yang sama juga berlaku untuk cabai rawit. Begitu juga untuk harga bawang putih juga demikian, mengalami penurunan dibandingkan dengan harga 2 pekan lalu.

“Harga bawang putih dan bawang merah yang sebelumnya sempat tembus Rp40.000 per kg saat ini dijual dalam rentang Rp34.000 hingga Rp38.000 per Kg. Ada tren penurunan harga menjelang akhir bulan ini dengan harga di awal April 2018. Walaupun secara keseluruhan saya menilai untuk harga bawang masih dikatakan mahal harganya,” kata Gunawan Benjamin, Pengamat Ekonomi Sumatera Utara (Sumut), Senin (23/4/2018).

Tidak jauh berbeda dibandingkan dengan harga yang lain. Harga daging ayam dan telur ayam sejauh ini juga terpantau stabil dikisaran Rp28.000 untuk daging ayam per kg, dan Rp20.000 per Kg untuk telur ayam. Sejauh ini menjelang Ramadhan, semua harga kebutuhan pokok masyarakat terpantau stabil. Dan tidak sedikit yang mengalami penurunan harga.

“Untuk harga beras sejauh ini memang masih terbilang mahal. Harganya belum mengalami perubahan setelah naik sebelumnya. Saat ini harga beras di transaksikan dikisaran Rp9.000 hingga Rp12.500 per Kg. Dari level harga beras yang paling murah hingga harga beras super,” beber Gunawan.

Sementara, untuk harga sayur mayur, setelah sebelumnya direpotkan dengan penurunan harga tomat. Harga sawi sempat melonjak ke Rp12.000 per Kg. Meskipun saat ini dijual dikisaran harga Rp8000 per Kg. Sudah membaik pada dasarnya.

“Normalnya harga sawi itu dikisaran Rp6.000 per Kg. Walau demikian untuk komoditas sayur mayur gejolaknya tidak begitu merisaukan masyarakat, karena banyak alternatif penggantinya,” pungkas Gunawan.