MEDAN – Ketua Dewan Pengurus Daerah Pemuda Tani Indonesia (PTI) Sumatera Utara, Muhammad Fadly Abdina, menegaskan bahwa Musa Rajekshah merupakan sosok yang akrab di kalangan pemuda petani. Karena itu, DPD PTI Sumut akan mengukuhkan Ijeck, sebagai Tokoh Pemuda Tani Sumut. DPD PTI SUMUT akan mengukuhkan Ijeck sebagai tokoh pemuda tani Sumut, Jumat (20/4/2018) di Kota Binjai. Selain Ijeck, Wali Kota Binjai Muhammad Idaham juga akan diberikan penghargaan serupa.

"Kita akan mengukuhkan beliau menjadi tokoh pemuda petani Sumut. Alasannya, Bang Ijeck pengusaha sukses yang bergerak di bidang perkebunan, tetapi juga menggeluti usaha di bidang pertanian lainnya,” katanya Fadly, Kamis (19/4/2018).

Di kalangan pemuda tani, kata Fadly, Ijeck sosok pengusaha sukses yang memikirkan nasib petani. Caranya sedikit unik, petani tidak diajari bagaimana bertani yang sukses, tapi beliau memberi contoh.

“Bang Ijeck itu memberi contoh jadi petani dan pengusaha pertanian yang baik. Dia membangun sekolah untuk anak-anak yang ada di sekitar kebunnya. Petani tentu memilih tokoh yang peduli pada petani," ungkapnya.

Fadly mengatakan, Sumut merupakan penghasil CPO terbesar di Indonesia, artinya Sumut leading di sektor perkebunan. Tapi hanya 58% yang dikuasai korporasi, selebihnya dikelola rakyat.

“Kebun rakyat ini dikelola konvensional. Kemudian CPO yang dihasilkan perkebunan rakyat dihargai rendah, karena dianggap tidak memenuhi standar lingkungan yang menjadi acuan pembeli,” kata Fadly.

Kata Fadly, Bang Ijeck sebagai pelaku usaha perkebunan, diyakini bisa mendorong dan melestarikan perkebunan rakyat di Sumut ini bisa sejajar dengan korporasi.

“Perkebunan rakyat Sumut ini butuh pemberdayaan, karena ke depan kebutuhan pasokan CPO dunia akan semakin tinggi. Bang Ijeck sangat paham situasi ini,” bebernya.

Fadly menambahkan, Ijeck juga merupakan Sekretaris Dewan Penasehat Pemuda Tani Sumatera Utara. Diharapkan ke depan, kalangan pemuda di Sumut juga bisa terlibat aktif di bidang pertanian dari aspek pendidikan, pelatihan, dan advokasi petani.

“Konsep PTI dan Musa Rajekshah mengarah pada upaya menjaga harga produk pertanian dan perkebunan, membangun jiwa social entreprenuer di kalangan petani dan memastikan petani kita tidak terjebak rentenir,” pungkasnya.*