SAMOSIR - Ibu Negara, Iriana Joko Widodo bersama bersama rombongan Organisasi Aksi Solidaritas Kabinet Kerja (OASE) melaksanakan penanaman pohon di area lokasi Gedung Pusat Informasi Geopark Kaldera Toba, Sigulatti, Kecamatan Sianjur Mula-Mula, Rabu (18/4/2018). Pohon yang ditanam jenis Pohon Hariara berada di kaki Gunung Keramat Pusuk Buhit di Kabupaten Samosir.

Turut mendampingi Pangdam I Bukit Barisan, Kapoldasu, Ketua Umum Bhayangkari RI, Ketua Bhayangkari Provsu dan Ketua TP.PKK Provsu.

Kedatangan Iriana dan rombongan disambut Bupati dan Wakil Bupati Samosir, Dandim 0210/TU, Kapolres Samosir, Ketua DPRD Samosir, Sekretaris Daerah, para Asisten, pimpinan OPD Samosir, Ketua dan Wakil Ketua TP. PKK Samosir, Ketua Dharma Wanita Samosir serta tokoh adat dan tokoh masyarakat.

Sebelum tiba di Sigulatti, masyarakat hingga pelajar di Pangururan sangat antusias menyambut kedatangan Iriana. Sejak pagi pukul, 07.00 wib para pelajar bersama masyarakat menanti dengan antusias rombongan melintas dari Kecamatan Simanindo menuju Sigulatti.

Tampak sepanjang jalan dipadati warga dan pelajar melihat lebih dekat lady first Indonesia itu. Walau tidak membuka kaca mobilnya, akan tetapi kehadiran Iriana di Samosir membuat masyarakat ramai dan jalanan raya padat.

Setelah tiba di Sigulatti, rombongan pun disambut dengan Tarian Tortor Batak dan selanjutnya kegiatan penanaman pohon berlanjut.

Usai penanaman pohon, Ibu Negara bersama rombongan meninggalkan lokasi dan langsung mengunjungi Puskesmas Buhit untuk melihat langsung proses pelaksanaan pemeriksaan IVA Test, selanjutnya mengunjungi sentra UMKM (Tenun Ulos) di Simanindo.

Sehari sebelumnya juga, Iriana Joko Widodo juga menikmati keindahan alam sekitar Danau Toba dan menyaksikan Danau Toba dan perbukitan sekitarnya dari atas kapal wisata Samosir. Di atas kapal, rombongan juga disambut, Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Samosir, Ombang Siboro.