MEDAN - Kasus tertahannya jenazah asal Nias, Sumatera Utara, Aksioma Waruwu, yang meninggal di Jepang sempat membuat publik terenyuh. Betapa tidak, setelah mendapatkan info meninggalnya Aksioma, pihak keluarga sempat kebingungan dan panik karena terkendala masalah kepulangan jenazah yang masih terhambat. Setelah menunggu cukup lama, penantian keluarga akhirnya terobati setelah pemerintah melalui Kedutaan Besar RI bersama anggota DPR RI asal Nias dari Partai Gerindra, Suasana Dachi, membawa pulang jenazah Aksioma, Kamis (12/4/2018).

Proses penjemputan di bandara Jakarta menuju Bandara Kualanamu tersebut juga didampingi Tokoh Muda Sumut, H Musa Rajekshah.

“Pagi ini dari Cengkareng Jakarta kami bersama dengan Anggota DPR RI asal Nias, Sumut, Bang Suasana Dachi, dan keluarga mendiang Aksioma Waruwu, menjemput jenazah Aksioma Waruwu yang baru sampai dari Jepang," tulis Musa Rajekshah, melalui Fanpages Facebook Musa Rajekshah, Kamis (12/4/2018).

Dalam postingan itu juga, pria yang karib disapa Ijeck juga mengatakan pihaknya bersama KBRI dan Suasana Dachi telah melakukan serah terima jenazah, bersama berkas-berkas lainnya kepada pihak keluarga secara langsung. Nantinya, pihak keluarga akan membawa jenazah Aksioma ke kampung halamannya di Kepulauan Nias.

“Aksioma adalah warga Kab Langkat asal Nias yang bekerja di Jepang dan meninggal dunia beberapa waktu lalu. Jenazah Aksioma sudah diterima keluarga dan langsung dibawa ke kampung halamannya di Kepulauan Nias,” tulisnya.

Ijeck turut menyampaikan rasa dukanya yang mendalam atas meninggalnya salah satu warga Sumut di Jepang.

“Semoga mendiang tenang di sisi Tuhan YME, dan keluarga yang ditinggalkan diberikan ketabahan dan kesabaran atas musibah ini," tutup Ijeck dalam postingan tersebut.

Sebelum tiba di tanah air, jenazah Aksioma sempat tertahan di Jepang.

Pihak keluarga sendiri sudah berupaya dan meminta pertolongan agar jenazah Aksioma bisa secepatnya dipulangkan ke tanah air. Mulai dari mendatangi Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) di Jepang serta seluruh masyarakat Indonesia.