MEDAN - KPU Sumut menggelar Focus Grup Discussion (FGD) bersama berbagai elemen masyarakat mulai dari akademisi, praktisi hukum, pakar komunikasi, pimpinan media massa hingga kalangan pegiat civil society di Hotel Le Polonia Medan.

Salah satu persoalan yang dibahas dalam FGD tersebut yakni mengenai tema yang akan diangkat pada setiap penyelenggaraan debat calon gubernur dan wakil gubernur pada Pilgubsu 2018.

"Kita ingin meminta pendapat dari seluruh elemen masyarakat tentang tema apa saja yang akan ditanyakan kepada seluruh calon pada debat nanti," kata Komisioner KPU Sumatera Utara, Yulhasni.

Dalam FGD tersebut para peserta menyampaikan berbagai persoalan yang menurut mereka harus dipertanyakan kepada masing-masing pasangan calon.

Dari garis besarnya masukan yang mereka minta untuk dimasukkan dalam daftar pertanyaan tersebut menyangkut potensi daerah dan keuangan daerah, kesejahteraan rakyat, infrastruktur, tata ruang dan lingkungan hidup serta kepekaan mereka dalam berbagai persoalan masyarakat seperti persoalan kekerasan anak dan perempuan serta konflik agraria yang masih terjadi hingga saat ini.

"Kami minta agar persoalan kasus kekerasan terhadap anak yang kasusnya masih tinggi di Sumatera Utara menjadi salah satu pertanyaan yang harus mereka tanggapi," kata Ahmad Muhazir dari Lembaga Perlindungan Anak (LPA) Sumatera Utara.

Berdasarkan jadwal debat kandidat pada Pilgubsu 2018 akan digelar dalam 3 tahap. Tahap pertama yakni pada 3 Mei 2018, kemudian 5 Mei 2018 dan terakhir pada 19 Juni 2018. Debat kandidat tersebut rencanannya akan disiarkan secara langsung oleh beberapa stasiun televisi.