SURABAYA - Klub Persebaya Surabaya  memiliki peluang untuk parkir di papan atas pada pekan ketiga LIGA 1 2018. Syaratnya tim Bajul Ijo harus memenangi pertandingan saat menjamu PS Barito Putera.

Laga antara Persebaya melawan Barito Putera akan tersaji di Stadion GBT, Surabaya, Minggu (8/4/2018) sore. Bila mampu meraih 3 poin,  Persebaya akan menyamai Persipura yang saat ini ada di puncak klasemen.

"Persebaya sudah siap untuk menghadapi Barito Putera. Kami akan berusaha bermain maksimal untuk mendapat poin penuh," kata Angel Alfredo Vera, pelatih Persebaya di Surabaya, Sabtu (7/4/2018).

Pelatih asal Persebaya itu tidak merisaukan klaim Barito Putera yang sudah hapal dengan gaya main juara Liga 2 2017 ini. Menurut Alfredo Vera, pembuktian akan terlihat nanti di lapangan.

"Di sepak bola sekarang semua mudah diketahui. Jadi, saya berharap para pemain bisa berimprovisasi di lapangan. Kalau pemain bisa melakukan improvisasi dari taktik dan strategi yang disiapkan, situasi itu akan sulit diantisipasi tim lawan," tutur Alfredo Vera.

Untuk komposisi tiga pemain depan, Alfredo Vera mengaku sudah menyiapkan skema tertentu. Trisula penyerang kemungkinan besar akan ditempati Ferinando Pahabol, David Da Silva, dan Osvaldo Haay.

Sementara pelatih Barito Putera, Jacksen F. Tiago alias JFT, mengatakan kalau timnya siap.membungkam Persebaya. Sebab, mereka datang bukan untuk menyerah. Justru sebaliknya bakal berjuang keras untuk bisa mendapatkan hasil positif.

"Kami sudah berlatih satu kali di Surabaya sejak tiba Jumat (6/4/2018) kemarin. Dan, saya berharap Bartio Putera nanti bermain baik dan menang," kata JFT.

Soal memori indah JFT bersama Persebaya, baik saat menjadi pemain maupun pelatih yang pernah meraih gelar juara, pelatih asal Brasil itu tidak akan memikirkannya dalam 90 menit pertandingan.

"Persebaya dan Surabaya selalu ada di hati. Tapi nanti di lapangan di dada saya hanya ada Barito Putera dan masyarakat Banua. Saya harus membela harga diri sendiri dan Barito Putera," tutur JFT.

Terkait kekuatan teknis Persebaya, JFT mengatakan kalau timnya sudah mengantisipasi. Pastinya, kata JFT, Barito Putera tidak akan bermain bertahan.

"Dari segi aspek teknis, persiapan Barito Putera sudah cukup. Tinggal 2 kali lagi pertemuan dengan pemain untuk mematangkan taktik dan strategi," kata JFT.

Perkiraan Susunan Pemain Persebaya (4-3-3): Alfonsius Kevlan, Abu Rizal, Fandry Imbiri, Otavio Dutra, Ruben Sanadi, Rendi Irwan, Misbakus Solikin, Robertino Pugliara, Ferinando Pahabol, David Da Silva, Osvaldo Haay.

Pelatih: Angel Alfredo Vera

Cadangan: Dimas Galih, Mokhamad Syaifuddin, Fandi Eko Utomo, Riky Kayame, Irfan Jaya, Rishadi Fauzi, Oktafianus Fernando

Barito Putera (4-3-3): Adhitya Harlan, Nazar Nurzaidin, Dandi Maulana, Aaron Evans, Ronny Beroperay; Matias Cordoba, Paulo Sitanggang, Douglas Packer, Rizky Pora, Samsul Arif, Nazarul Fahmi

Pelatih: Jacksen F. Tiago

Cadangan: Dian Agus, M. Rifqi, Fajar Handika, Rafi Syarahil, Ady Setiawan, Gavin Kwan Adsit, Bijahil Chalwa.***