PALAS - Menyikapi dinamika kemajuan zaman digital yang semakin canggih serta menjamurnya media sosial, Polsek Barumun mengadakan temu Kamtibmas bersama para netizen, Sabtu (31/3/2018) malam kemarin. Temu kamtibmas yang dirangkai dengan ngopi bareng dan santai di Mako Polsek Barumun ini dihadiri Ketua KPU Palas Syarifuddin Daulay, Ketua Panwaslih Palas Abdul Rahman Daulay bersama Komisioner dan Danramil 08 Barumun Kapten inf. F Batubara dan Kanit Reskrim Iptu Raden Saleh Harahap bersama seluruh personel.

Pada kesempatan itu, Kapolsek Barumun AKP Sudirman SH mengajak para netizen dan masyarakat agar bijak mempergunakan media sosial.

“Seperti kita ketahui, di zaman keterbukaan ini, kita harus pandai menyaring informasi terutama yang beredar di internet maupun media sosial,” ujar AKP Sudirman SH.

Dia berharap, pertemuan tersebut upaya membentengi warganet dari permasalahan yang kerap dijumpai di jejaring sosial seperti penyebaran berita hoax, atau pun ujaran kebencian dengan bernuansa SARA.

Perwira Polisi yang dikenal mudah senyum dan bersahabat yang pernah menjabat Kapolsek Kotanopan ini juga memberikan wawasan tentang Undang-undang ITE.

“Kami tidak ingin netizen dari desa dan kecamatan khususnya di Kabupaten Padang Lawas harus berurusan dengan hukum gara-gara melakukan tindakan yang kurang terpuji di media sosial,” tegasnya

Khususnya menghadapi tahun politik ini, pihaknya mengharapkan agar netizen proaktif membantu Polri untuk meminimalisir black campaign melalui media sosial.

“Pemilukada sebentar lagi dilaksanakan, kami mohon bantuan dari netizen agar membantu menyampaikan informasi bila ada sesuatu hal di medsos yang dapat mengacaukan stabilitas keamanan,” tutur Perwira Polisi yang akrab disapa Pak Sudirman.

Ketua Panwaslih Palas, Abdul Rahman Daulay mengatakan, dengan acara ini, semua pihak bisa lebih akrab dengan personel Polsek Barumun sekaligus mendapatkan pengetahuan dan wawasan yang baru.

"Kalau bisa kegiatan seperti ini diagendakan secara berkala,” katanya.

Melalui momentum temu kamtibmas ini, dapat menjalin hubungan silaturahmi sekaligus membuka wacana pengetahuan kemasyarakat sadar hukum dan turut serta menjaga kamtibmas yang aman dan kondusif di tengah lingkungan masyarakat di daerah ini.