LABUHANBATU - Bupati Labuhanbatu, H Pangonal Harahap menghadiri silaturahmi lintas generasi Ikatan Alumi MAN I Padang Sidimpuan (IKAMANSA), Sabtu (31/3/2018) Jalan Sutan Soripada Mulia No.31 Sidabuan, Padang Sidempuan Utara, Kota Padang Sidempuan. Pada silaturahmi lintas generasi Alumni MAN 1 PSP dari Tahun 1983-2017 tersebut, Pangonal Harahap diberikan oleh teman-teman dan senior-seniornya sehelai ulos Tapsel sebagai bentuk kehormatan dan tanda syukur sekaligus rasa bangga memiliki Alumni sukses menjabat sebagai Bupati.

Menurut H.Pangonal Harahap, silaturahmi yang mengangkat tema mewujudkan ukhuwah nuansa tempo dulu kembali satu dalam kebersamaan adalah sangat bagus dan sangat tepat untuk dilaksanakan.
"Karena ukhuwah itu adalah saudara atau persaudaraan, yang manfaatnya sangat banyak antara lain dapat menimbulkan sikap tolong menolong, akan tumbuh rasa saling memahami, membuka rasa tenggang rasa dan tidak menzholimi satu sama lain, yang paling utama dapat menciptakan solidaritas yang kuat antara sesama muslim," ujar Pangonal.

Kemudian, lanjut Bupati, di sisi kehidupan berbangsa dan bernegara, Ukhuwah itu dapat menciptakan persatuan dan kesatuan bangsa dan terciptanya kerukunan hidup antara sesama warga masyarakat.

Ukhuwah Islamiyah itu sendiri, menurut Alumni 88 MAN 1 Padang Sidempuan ini, secara jelas dan terang termuat di dalam Al-Quran tepatnya di Surat Al-Hujurat ayat 10, Surat Ali Imran Ayat 103 serta Hadist Bukhori dan Muslim.

"Di situ jelas tertulis bahwa orang-orang beriman itu sesungguhnya bersaudara. Sebab itu damaikanlah (perbaiki hubungan) antara kedua saudaramu itu dan takutlah terhadap Allah, supaya kamu mendapat rahmat," kata Pangonal mengutip surat Al-Hujurat ayat 10.

Apalagi, sambung Pangonal, semasa di MAN 1 Padang Sidimpuan ini, siswanya telah diajarkan dan dibimbing oleh guru-guru untuk berpegang teguh pada Al-Quran dan Hadist dan selalu mengingatkan agar ukhuwah Islamiyah dan rasa persaudaraan sesama alumni dapat dipelihara dengan sebaik-baiknya agar generasi tidak hilang, tetapi semakin maju.

"Hari ini Ukhuwah itu telah kita wujudkan bersama-sama dan Alhamdulillah Kita semua dapat bertemu dan bernostalgia kembali dan kembali satu dalam kebersamaan," terangnya.