PALAS - Dari 108 peserta yang mengikuti seleksi Olimpiade Sains (OSN) tingkat SMP yang dilaksanakan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kabupaten Padang Lawas, hanya 9 siswa yang berhak menjadi duta daerah untuk bersaing di OSN Provinsi Sumut. Hal itu disampaikan Kabid Dikdasmen Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Palas M. Rasyidi Hasibuan saat ditemui di ruang kerjanya, Rabu (28/3/2018) kemarin.

Kesembilan siswa yang mampu membuktikan kualitas prestasi itu yakni di bidang study matematika, IPA dan IPS

Kata Rasyidi, OSN bertujuan menelusuri minat dan bakat siswa-siswi SMP terhadap beberapa bidang study yang berhubungan dengan sains.

Disamping itu, katanya, OSN ini juga bertujuan sebagai persiapan siswa menghadapi OSN SMP tingkat Provinsi Sumatera Utara yang akan dilaksanakan 21 April 2018 mendatang di Medan.

"Ada tiga bidang study yang diperlombaan di OSN SMP ini antara lain bidang study matematika, IPA dan IPS," terangnya.

Peserta yang mengikuti seleksi perlombaan merupakan siswa berprestasi utusan sekolah mewakili per bidang study.

Berdasarkan hasil peringkat, sambung Rasyidi, untuk juara 1 bidang study Matematika diraih Siti Amalia Pohan dari siswi SMP N 1 Huristak dan juara 2 diraih Mhd Rudi Hartono siswa SMP N 2 Barumun dan juara 3 diraih Sri Syarifa Aini dari siswi SMP swasta Markarti.

Sedangkan untuk bidang study IPA, juara 1 diraih Elsa Riskon Jalilah dari siswi SMP N 1 Lubuk Barumun, juara 2 diraih Zamzam dari SMP N 2 Sosopan dan juara 3 diraih Tulus Hati Hulu dari SMP N 1 Sosa.

Untuk bidang study IPS, tambah Rasyidi, juara 1 diraih Fitarah Zamzam Nasution dari SMP N 1 Sosopan dan juara 2 diraih Mora Indra Junjungan dari SMP N 1 Huristak dan juara 3 diraih Alfi Syahrin Nasution, siswa SMP N 3 Huristak Satu Atap.

"Siswa yang telah berhasil di OSN Kabupaten diharapkan untuk tekun dan giat belajar sebagai persiapan diri menghadapi utusan kabupaten lain se Sumut nantinya," pintanya.

Dia menambahkan, para juara OSN terus diberikan motivasi agar memiliki kepercayaan diri untuk menunjukan kualitas dan kuantitas sebagai siswa beprestasi yang nantinya mengharumkan nama daerah kabupaten Palas di kancah OSN Provinsi Sumut nantinya.