Medan - Ketua Pengurus Daerah Ikatan Pengusaha Muslimah Indonesia (PD IPEMI) Kota Medan, Sri Wahyuni, SH, tuntas menyusun nama-nama pengurus yang akan mendampinginya dalam menggerakkan roda organisasi tersebut.

Hal tersebut disampaikannya seusai menyelesaikan rapat perdana persiapan pelantikan para pengurus, yang berlangsung di ruang rapat White Haus Cafe, Sabtu (24/3). Direncanakan seluruhpengurus PD IPEMI Medan akan dilantik April mendatang.

Dalam rapat yang dihadiri oleh seluruh calon pengurus PD IPEMI Medan itu, terpilih nama-
nama berikut jabatan yang akan diembannya, yakni ; Ketua : Sri Wahyuni, SH, Wakil Ketua
I, Dian Nuzulia, S Psi, Wakil Ketua II, Nurul Haj Vany Sitepu, SE, Bendahara I, Dewi
Zahraini Nasution, SE, Bendahara II, Ariza Zafiah, S Sos, Bendahara III, Muslina, BBA,
Bendahara IV, Violita Rindayu, S Psi, Sekretaris I, Jessie Melany, Sekretaris II, Thirza
Thamara, SH, Sekretaris III, Nabila Siregar, S Ds.

Sebagaimana pernah diungkapkan oleh Sri Wahyuni, bahwa para pengurus yang akan membantunya dalam mengemban tugas-tugas IPEMI mendatang didominasi oleh para
pengusaha muda.

Meskipun demikian, ia menampik kalau kebeliaan usia para pengurus PD IPEMI akan mempengaruhi kinerja dan sepak terjang PD IPEMI Medan karena dianggap
kurang berpengalaman.

“Memang usia kami masih muda-muda. Tapi tolong jangan dianggap sebelah mata. Karena
kami para pengurus memiliki semangat yang menyala untuk memberikan kontribusi, kinerja
dan program terbaik, demi membantu mengembangkan dan meningkatkan perekonomian
muslimah. Dan umumnya para pengurus juga pengusaha yang masing-masing sudah cukup
mengenyam asam garam dunia usaha,” tegas Sri Wahyuni.

Pengusaha yang juga seorang notaris ini tak gentar menghadapi tantangan sekaligus
pandangan meremehkan dari pihak-pihak lain, yang mungkin akan menghampiri mereka.

Baginya, yang terpenting adalah membuktikan kepada masyarakat bahwa meskipun masih
muda, namun mereka bersedia bekerja bahu-membahu dalam membantu para pengusaha
muslimah, khususnya anggota PD IPEMI Kota Medan untuk mengembangkan usahanya.

Pengusaha, profesi ideal bagi perempuan para pengurus PD IPEMI Medan yang baru dipilih memiliki tekad untuk menumbuhkan minat berusaha di kalangan orang muda. Sebagaimana yang diungkapkan Dewi Zahraini Nasution dan Ariza Zafiah yang menjabat sebagai bendahara I dan II.

“Untuk sukses menjadi seorang pengusaha itu modalnya cuma pantang menyerah dan
mengutamakan kualitas, baik produk maupun jasa yang ditawarkan. Jadi tak perlu takut untuk merintis usaha. Jatuh bangun itu biasa. Lagipula, profesi yang paling ideal untuk seorang perempuan yang sudah berumahtangga ya menjadi pengusaha, di mana waktunya bisa dibagi dengan cermat antara mengurus keluarga dengan bisnis. Kalau bekerja di kantoran akan terikat dengan jam kerja yang ketat sehingga cenderung menomorduakan keluarga,” kata Dewi.

Demikian pula Ariza, yang memutuskan untuk menjadi pengusaha setelah menikah. Bergabung dengan PD IPEMI Medan diakuinya sebagai keinginan pribadi, yang tidak saja untuk semakin menambah pengalaman dan pengetahuannya dalam dunia usaha, juga untuk memotivasi para perempuan muda dan ibu-ibu rumah tangga untuk menjadi pengusaha.

Ariza sendiri sudah mengembangkan sayap usahanya ke bidang kuliner setelah selama 3 tahun mengembangkan bisnis produk kecantikan.

Sementara itu, Nurul Haj Vany Sitepu, SE, selaku Wakil Ketua PD IPEMI Medan, menegaskan bahwa keberadaan dirinya di organisasi tersebut karena tertarik dengan visi dan misinya, yang tidak saja menangani persoalan perekonomian, namun juga dakwah dan sosial.

Vany berharap semakin banyak pengusaha maupun calon pengusaha muslimah yang kelak akan bergabung dengan IPEMI Medan. Dengan demikian, selain berpotensi meningkatkan perekonomian umat, juga akan mengeratkan tali silaturahim di antara para pengusaha muslimah tersebut.

Jessie Melany, selaku Sekretaris I, memiliki harapan besar terhadap IPEMI yang diyakininya akan membantu dirinya semakin berkembang, baik dari sisi potensi usaha maupun aspek kepribadian.

Senada pula dengan Thirza dan Nabila yang mendampinginya sebagai Sekretaris II dan III, berharap agar silaturahim yang terjalin dengan seluruh anggota IPEMI mampu membawa pencerahan dan tambahan pengetahuan bermanfaat bagi mereka.

Khususnya di bidang event organizer yang mereka tekuni saat ini. Terlebih mengingat usia keduanya yang terbilang paling belia di antara para pengurus lain.