PALAS - Dalam usaha percepatan masa tanam berikutnya, Senin (26/3/2018) personel Koramil 09/Sosa, Kodim 0212/TS, Serka RA Tanjung, memberikan pendampingan kepada petani dalam mengolah lahan persawahan seluas kurang lebih 2,5 hektar di Desa Roburan, Kecamatan Sosa, Kabupaten Padang Lawas (Palas). Hal ini merupakan upaya dalam rangka pendampingan upsus(upaya khusus) untuk percepatan luas tambah tanam. Aksi mengolah sawah yang dilakukan oleh Serka Tanjung bersama Kelompok Tani (Poktan) Serasi tersebut dengan cara membajak menyisir tanah persawahan menggunakan alat mesin pertanian (Alsinta) traktor roda dua.

Pengolahan menggunakan traktor adalah cara pengolahan lahan baru yang dapat membantu petani untuk menyuburkan tanah yang akan ditanami. Karena, dengan sistim traktor ini akan mengubah sifat fisik tanah agar lapisan atas yang semula keras menjadi datar dan berlumpur.

Keuntungan yang didapat selama pengolahan tanah yaitu, gulma mati yang kemudian akan membusuk menjadi humus, airisasi tanah menjadi lebih baik dan lapisan bawah tanah jenuh air sehingga dapat menghemat air.

Komandan Koramil 09/Sosa  Kapten Arh Saleh Hasibun  mengatakan, Babinsa sudah mahir dalam masalah pertanian.

"Disamping mereka sudah penataran masalah pertanian, mereka juga anak petani, sehingg untuk pengolahan tanah sawah mereka mengerti dan faham,” ujar Kapten Arh Hasibuan.

Dia juga menambahkan, Babinsa juga ikut melakukan perbaikan dan pengaturan pematang sawah serta selokan.

"Galengan (pematang) sawah agar tetap baik untuk mempermudah pengaturan irigasi sehingga tidak boros air dan mempermudah perawatan tanaman," akhir Danramil.