JAKARTA - Demokrat, PKB, dan PAN disebut-sebut akan berkoalisi membentuk poros baru yang akan menjadi tandingan poros Jokowi dan poros Prabowo di Pilpres 2019. Apalagi, ketiga partai tersebut diketahui menggelar pertemuan di Pacific Place, Kebayoran Baru, Kamis (8/3/2018).

Sekjen Demokrat Hinca Pandjaitan bahkan mengakui bahwa ketiga partai melalui sekjen masing-masing rutin menggelar pertemuan.

"Ini bukan pertemuan pertama, dua minggu terakhir ini kan, tentu gara-gara kalian juga. Kita diskusi kemarin, kita sudah mulai diskusi sama teman-teman, saya, Mas Eddy (Eddy Soeparno, Sekjen PAN), dan Bung Karding (Abdul Kadir Kading, Sekjen PKB)," ungkap Hinca usai pertemuan di Odysseia, Pacific Place, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Kamis (8/3).

Hinca menjelaskan, pertemuan hari ini sebenarnya merupakan lanjutan dari pertemuan-pertemuan sebelumnya. Salah satu pokok yang menjadi pembahasan adalah masalah pandangan politik ketiga partai tersebut ke depannya.

"Pasti kami bicara tentang masa depan bersama ke depan, politik kita. Jadi kita tukar pandangan bagaimana Demokrat, PKB, dan PAN. Jadi kami cerita bahwa tentu parpol kami siap, teman-teman PKB dan PAN juga tentu siap," jelasnya.

Namun, Hinca mengaku pertemuan yang digelar hari ini bukan merupakan pertemuan final. Sebab, menurutnya, jalan untuk ketiga partai tersebut bergabung dalam satu koalisi masih panjang.

"Tadi kami sepakat, pertemuan ini bukan yang pertama dan terakhir, masih panjang. Hari ini tuan rumahnya Demokrat, tadi kami sepakat tuan rumah berikutnya mas Eddy (Soeparno, sekjen) PAN. Setelah dari PAN, baru nanti PKB. Terus berputar," pungkasnya.***