JAKARTA - Grand Master Lioe Nam Khiong mendapat penghargaan dari Museum Rekor Dunia Taekwondo Indonesia (MURTI) sebagai Taekwondoin Indonesia pertama yang meraih DAN IX Kukkiwon.

Pemberian penhargaan dari MURTI itu diserahkan langsung oleh Ketua Museum Rekor Dunia Taekwondo Indonesia Riki Jaw kepada Grand Master Lioe Nam Khiong di sela-sela Rapat Kerja Nasional (Rakernas) UTI Pro di Hotel Mega Anggrek Jakarta Barat Minggu (4/3/2018).

"Terima kasih kepada MURTI yang telah memberikan penhargaan  kepada Saya. Mudah-mudahan penghargaan ini jadi pemicu untuk terus mengembangkan prestasi taekwondo Indonesia," ujar Lioe Nam Khiong.

Menurut Lioe Nam Khiong, sebenarnya sudah lama MURTI ingin memberikan penghargaan tersebut.

"Mungkin ini  saatnya saya menerima  penghargaan, terima kasih kepada MURTI," ujar Grand Master Lioe Nam Khiong singkat.

Ketua Museum Rekor Dunia Taekwondo indonesia MURTI,Riki Jaw mengatakan, salut dan bangga atas prestasi Grand Master Lioe Nam Khiong yang meraih gelar DAN IX pertama di Indonesia.

"Saya atas nama pengurus MURTI  dengan bangga  memberikan apresiasi piagam penghargaan MURTI  kepada Lioe Nam Khiong yang memiliki prestasi sangat luar biasa," ungkap Riki Jaw dalam sambutannya.

Ini merupakan Penghargaan yang ke-12 yang diberikan MURTI kepada Grand Master Lioe Nam Khiong. 

Rekor lain yang telah dianugerahi MURTI kepada Grand Master Lioe Nam Khiong diantaranya penggagas pertama Kejuaraan Kukkiwon pertama. Kemudian ketika mengemban tugas sebagai Wakil Ketua Umum PB.T.I ( 2007-2011) , membawa tim Taekwondo indonesia meraih prestasi tertinggi 6 emas pada SEA Games 2011 Jakarta-Palembang. 

Penggagas pemberian Sabuk Hitam DAN VII Kukkiwon , dari Presiden Kukkiwon Man Soon Jung kepada Menpora RI Imam Nahrawi. Rekor termuda peraih DAN IV tahun 1983 dan Taekwondoin Indonesia  pertama meraih DAN VIII tahun 2008.

Sebelumnya MURTI juga telah menganugerahkan penghargaan kepada Menkopolhukam Jenderal TNI (Pur) Wiranto sebagai Ketua Dewan Pembina PB T.I terlama (1997-2019). Wiranto yang juga pernah mengemban tugas sebagai Wakil Ketua Umum PB T.I di Era Ketua Umum PB.T.I  Letjen TNI (Pur) Harsudiono Hartas. ***