JAKARTA - Penyidik senior KPK Novel Baswedan telah pulang ke Indonesia hari ini. Para pegawai KPK dan pegiat antikorupsi bersuka cita menyambut kepulangan Novel. Mereka berharap kondisi Novel segera pulih agar bisa kembali bekerja memberantas korupsi.

Namun Wakil Ketua DPR Fahri Hamzah justru menyarankan Novel tak kembali bekerja di KPK. Ia berharap Novel dapat kembali bekerja di Mabes Polri, agar bisa merekatkan kembali hubungan KPK dengan Polri yang tengah merenggang.

"Kalau terus begini, saling meniadakan, saling menjelekkan, saling meragukan, itu enggak ada manfaat bagi kita dan itu merusak scara terus menerus persatuan kita sebagai lembaga negara yang menyelesaikan persoalan negara kita," ujar Fahri di Gedung DPR, Senayan, Jakarta Pusat beberap waktu lalu.

"Rekrut saja orang-orang kayak gitu, tarik kembali Novel Baswedan ke Mabes. Lebih bermanfaat orang idealis seperti Novel ini di Polri, daripada di KPK ngumpul sama LSM-LSM enggak jelas," imbuhnya.

Meski Novel tak bekerja lagi di kepolisian, Fahri menyebut Mabes Polri bisa saja merekrutnya kembali sebagai staf ahli.

"Saya imbau Mabes Polri merekrut kembali Novel Baswedan ke dalam Mabes Polri. Kalau dia sudah tak punya waktu, karena pensiun, paling tidak direkrut sebagai staf ahli," pungkas Fahri.***