JAKARTA - Empat pertandingan semifinal Piala Presiden 2018 sudah selesai digelar. Hasilnya Persija dan Bali United melangkah ke final. Sedangkan PSMS dan Sriwijaya SFC (SFC) akan berebut peringkat ketiga.

Perjalanan semifinal Piala Presiden 2018 menyisakan sedikit catatan unik. Catatan itu adalah dominannya pemain asing dalam menentukan hasil pertandingan.

Hal itu tercermin dari para pencetak gol di pertandingan empat besar yang semuanya lahir dari kaki atau kepala pemain asing. Baik, permainan terbuka maupun bola pasif.

Ada empat pemain asing yang mencetak gol di semifinal. Mereka adalah Marko Simic, Jaimerson Xavier, N'Guessan Yessoh, dan Demerson Costa.

Dua nama pertama yang disebutkan adalah pemain Persija, kemudian PSMS, dan terakhir Demerson Costa yang menentukan kemenangan Bali United atas SFC di semifinal leg kedua.

"Kami persembahkan kemenangan ini buat semua suporter Bali United. Kami memang layak ke final," ucap Demerson Costa, bek asal Brasil itu usai pertandingan semifinal pada Rabu mendekati tengah malam.

Tapi dominannya pemain asing dalam menentukan hasil pertandingan di semifinal, bukan berarti tenaga lokal tidak berkualitas. Hal ini terlihat dari assist atau saat mengawali skema serangan, di mana pemain lokal juga memberi kontribusi.

Kini Piala Presiden 2018 segera memasuki fase puncak. Ada partai perebutan peringkat ketiga dan final yang akan diselenggarakan di Stadion Utama GBK Senayan, Jakarta, Sabtu (17/2/2018). Kita lihat siapa yang akan jadi penentu hasil pertandingan, apakah pemain lokal atau asing?

Hasil Pertandingan Semifinal Leg 1

PSMS 1-4 Persija (N'Guessan Yessoh 41; Marko Simic 4, 12, 74, Jaimerson Xavier 15)

 SFC 0-0 Bali United

Leg 2, Persija 1-0 PSMS (Marko Simic 59), Bali United 1-0 SFC (Demerson Costa 81). ***