PALAS - Menyongsong Konferensi Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Perwakilan Padang Lawas ke III yang direncanakan dilaksanakan pada akhir Februari 2018 ini, Organisasi kewartawanan ini bersama Pemkab Palas akan melaksanakan Seminar Nasional tentang Peran dan Netralitas Pers dalam Pilkada. Ketua PWI Palas H Idaham Butar Butar didampingi Sekretaris Atas Siregar, Senin (12/2/2018) mengatakan, PWI Palas beserta seluruh anggota telah melakukan pertemuan dengan Bupati Palas H Ali Sutan Harahap (TSO) didampingi Assisten 1 Gunung Tua Hamonangan Daulay yang juga Ketua Desk Pilkada Palas.

Dalam pertemuan itu, Pemkab Palas mendukung seminar yang akan dilaksanakan dan akan dibuka secara resmi oleh Pjs Bupati Palas yang akan menjabat di saat Bupati TSO cuti dalam mengikuti pesta demokrasi pilkada.

Kata Idaham, seminar nasional yang akan dilaksanakan melibatkan narasumber tingkat nasional, Edy Syahputra Hasibuan yang juga Mantan Kompolnas dan saat ini dipercaya sebagai Staf Ahli Kapolri.

Kemudian Ketua PWI Sumut Hermansyah dan dari Komisi Penyiaran Indonesia (KPI), M Syahrir serta H Sofyan Harahap, Ketua Dewan Pembina PWI Sumut.

Keempat narasumber dalam gebyar seminar Nasional nantinya akan memaparkan peran dan netraliatas pers dalam pilkada, fungsii media serta penyalahgunaan media sosial dalam pilkada, dan peran jurnalis dalam peliputan cerdas menyosong pesta demokrasi.

Peserta seminar yang diundang yakni seluruh calon Bupati Palas, Pimpinan Partai, Ketua OKP, KPU dan Panwas Palas, Forum Komunikasi Umat Beragama (FKUB), Badan Pemangku Adat Palas, Tokoh Masyarakat, Tokoh Agama dan seluruh insan pers.

Di tempat yang sama, Sekretaris PWI Palas Atas Siregar mengatakan, jumlah peserta seminar yang akan berlangsung pada 27-28 Februari di Asrama Haji Sibuhuan itu diperkirakan mencapai 300 peserta dan setiap peserta akan mendapatkan sertifikat.