MEDAN - Suasana haru menyelimuti Bupati Simalungun, Jr Saragih setelah menghadiri Rapat Pleno Terbuka Pengumuman Penetapan Pasangan Calon Gubernur dan Wakil Gubernur Sumut periode 2018-2023, di ballroom hotel Grand Mercure Maha Cipta Jalan Perintis Kemerdekaan, Medan, Senin (12/2/2018).

Seperti seorang anak kecil yang tidak terima kekalahan, Jr Saragih yang saat itu dikelilingi puluhan wartawan dari berbagai media dirinya menangis sungguhan.

"Ada dua juta pecinta Jr-Ance," kata Jr Saragih terbata-bata, Senin (12/2/2018).

Kalimat Jr Saragih sempat terhenti saat mengatakan betapa banyak para pencinta pasangan Jr Saragih-Ance Selian. Namun, Ia melanjutkan dengan ucapan terimakasih kepada para pendukungnya.

"Saya minta kita tetap melakukan yang terbaik, biar hukum yang berjalan. Karena diatas manusia masih ada Tuhan," ucapnya dengan berurai air mata.

Jr Saragih yang tidak terima kenyataan pahit ini, akan melayangkan gugatan ke Badan Pengawasan Pemilihan Umum (Bawaslu).

"Ya, kita akan menggugat. Pasti menggugat ke Bawaslu. Kan segera kita kirimkan," katanya serasa menunjukkan ekspresi geram,

Ance Selian yang melihat pasangannya menangis, lantas beberapa kali mengelus pundak Jr Saragih.

Untuk diketahui, pasangan Jr Saragih - Ance Selian dinyatakan gugur menjadi kontestan pada Pilgub Sumut periode 2018-2023.

Pasalnya, satu berkas persyaratan Bakal Calon Gubernur Sumut 2018-2023, yakni JR Saragih, tidak memenuhi syarat.

Hal itu dikatakan Komisioner KPU Sumut Benget Silitonga. Benget mengatakan berkas tersebut adalah fotokopi ijazah atau Surat Tanda Tamat Belajar (STTB) yang telah dilegalisasi oleh instansi yang berwenang.

"Sesuai dengan surat Dinas Pendidikan Pemprov DKI Jakarta Nomor 1454/1.851.623 Tanggal 22 Januari 2018 pada poin empat menyatakan bahwa Dinas Pendidikan Pemprov DKI Jakarta tidak pernah melegalisir atau mengesahkan ijazah atau STTB SMA Nomor 1 OC Oh 0373795 Tahun 1990 atas nama Jopinus Saragih," jelas benget

Pantauan makobar.com, pasangan Edy Rahmayadi-Musa Rajekshah dan Djarot Saiful Hidayat-Sihar Sitorus, tidak menampakkan wajah pada acara tersebut.