MEDAN - Usai dikukuhkan dan dilantik Ketua Umum SOIna, Prof. Faisal Abdullah, kepengurusan Spesial Olympics Indonesia (SOIna) Sumatera Utara menargetkan dapat memboyong emas di Pekan Olahraga Nasional (Pornas) Pekanbaru pada Juni 2018 mendatang. Makanya, Ketua SOIna Sumut, H Agustama mengajak semua pengurus yang telah dilantik supaya bekerja keras guna kemajuan anak-anak disabilitas intelektual.

“Mari bekerja sama dan bekerja keras sehingga menghasilkan atlet-atlet berkualitas di tingkat nasional dan internasional,” ucap Agus usai dilantik di Aula Raja Inal Siregar, kantor Gubernur Sumatera Utara, Sabtu (10/2).

Ketua Umum SOIna, Prof Dr Faisal Abdullah menjelaskan, Sumut sudah bangun dari tidurnya yang panjang karena kepengurusan yang lama sudah berakhir sekian tahun lalu.

"Kepengurusan SOIna ini berbeda dengan yang lain dan ini organisasi yang luar biasa karena mengurus disabilitas intelektual yang dulu disebut Tunagrahita, maka disebut special olympic. Kalau di Indonesia namanya SOIna, di Malaysia special olympic Malaysia atau disesuaikan dengan nama negaranya," jelasnya.

Ia juga berharap, Sumut menjadi macan dalam cabang olahraga special olympic. Pengurus yang baru diharapkan kembali menghimpun Sekolah Luar Biasa (SLB) yang ada dengan melakukan bimbingan, pelatihan dan pendidikan yang lebih baik.

"Pengurus baru, bisa mengirimkan atletnya dari 33 Pemda di Sumut. Ketua yang baru dapat menghidupkan SOIna di Sumut dan sebagai tempat berhimpun anak anak disabel intelektual. Bagaimana melatih mereka dalam kemandirian sosial dan ekonomi," pintanya.

Faisal juga berharap, mudah mudahan Universitas Sumatera Utara (USU), ikut serta menerima mahasiswa difabel intelektual seperti Institut Teknologi Bandung (ITB)
sehingga masa depan mereka tidak tergantung keluarga, tetapi bisa hidup mandiri secara sosial dan ekonomi.

"Semoga ini menjadi kerelaan dan ibadah bagi kita semua di SOIna," ucapnya.

Di tempat yang sama, Ketua Koni Sumut, Jhon Ismadi Lubis berharap SOIna Sumut memberi sumbangsih prestasi di ajang Pornas Riau. “Pengurus SOIna diisi para pegiat dan praktisi olahraga, kita yakin Sumut berprestasi nanti,” kata Jhon Ismadi Lubis.

Pelantikan ini turut dihadiri Kadispora Sumut, Baharuddin Siagian, SLB se-Kota Medan, pengurus NPC Sumut, dan sejumlah praktisi olahraga.

SOIna merupakan satu-satunya organisasi di Indonesia yang mendapat akreditasi dari Special Olympics International (SOI) untuk menyelenggarakan pelatihan dan kompetisi olahraga bagi warga disabilitas. Kepengurusan ini mengedepankan intelektual yang dirasa penting dibangkitkan kembali di Sumut.

Pada pelantikan itu, Ketua Umum SOIna, Faisal Abdullah memberikan tongkat pustaka kepada Ketua SOIna Sumut, Agustama sebagai tanda sah mengemban tugas SOIna di Sumut.

"Kita berharap bisa memberangkatkan atlet di beberapa cabang olahraga seperti atletik, bulutangkis, renang, sepakbola kelimaan, bola voli, bocce, basket. Kalau jumlah atletnya belum pasti sesuai hasil porda yang direncanakan akan dilaksanakan dalam waktu dekat,paling lambat awal Maret dan kita berharap bisa turun dengan full team, tapi semua itu disesuaikan dengan kemampuan sumut memberangkatkan atlet, pelatih dan official ke pornas," timpal Sekum SOIna Sumut, Mardi Panjaitan.