JAKARTA - Pertandingan ketiga (terakhir) babak penyisihan pertandingan bolabasket 5x5 Asian Games 2018 Invitation Tournament yang dijadwalkan Sabtu (10/2/2018) sore ditunda 1 hari.

Arena pertandingan di Hall A Basketball Gelora Bung Karno mengalami kendala teknis pada panel listrik yang baru diketahui 4 jam sebelum pertandingan yang rencananya akan mempertemukan antara India versus Timor Leste.

Competition Manager Basket 5x5, Dede Rahman mengatakan panpel menunda guna mengecek  safety first secara keseluruhan. Hal ini dilakukan untuk kebaikan bersama yakni para pemain, penonton, panpel dan lainnya.

"Partai penyisihan hari ini ditunda karena korsleting  panel listrik dan mengakibatkan mengeluarkan asap, sehingga panpel memutuskan menunda. Pertandingan akan dilanjutkan besok Minggu (11/2/2018) dengan jam yang sama. Kami sengaja menunda untuk memberikan kenyamanan bagi semuanya. Hal ini juga sudah atas persetujuan Tehnical Delegate FIBA," ujarnya.

Menurut, panpel bisa saja  tetap melanjutkan pertandingan dilakukan Sabtu sore-malam, namun pihaknya ingin menjaga keutuhan laga basket ini dan untuk kebaikan bersama.

"Kami semua memikirkan kenyaman para pemain sehingga mereka enjoy dan pertandingan yang disajikan pun bisa lebih baik lagi. Seluruh peserta sudah kami beritahu, sehingga mereka tak perlu ke venue basket. Kami secepat mungkin tanggap," tegasnya.

Direktur Sports Inasgoc, Wisnu Wardhana menyatakan masalah itu sudah ditangani pihak terkait.

"Karena membutuhkan waktu sekitar 3-4 jam untuk perbaikan, maka pertandingan hari ini ditunda dan akan dilanjutkan esok hari. Apalagi jika melihat jadwal, besok pertandingan basket akan libur. Jadi semacam pemindahan jadwal," jelas dia.

Tidak hanya laga pertama, pertandingan kedua yang akan mempertemukan tuan rumah Indonesia melawan Thailand juga mengalami penundaan, padahal ini akan menjadi laga terpanas mengingat penentuan siapa yang ke akan ke babak final dari ke 4 negara tersebut.

Di kompetisi bola basket ajang pemanasan sebelum Asian Games 2018 itu, tim Thailand memimpin klasemen setelah mencetak dua kali kemenangan. India menempati peringkat kedua, yang kemudian disusul Indonesia dan Timor Leste. ***