PALAS - Bupati Padang Lawas, H Ali Sutan Harahap (TSO) bersama Sekda, Arpan Nasution  menghadiri kegiatan temu karya II karang Taruna Palas, Kamis (8/2/2018) di Hotel Syamsiah Sibuhuan. Turut hadir dalam rombongan, Kepala Dinas Sosial Palas Bustami Harahap, para camat se-Kabupaten Palas, Kapolsek Barumun AKP Sudirman SH dan Kabag Humas H Imron Soleh Siregar.

Hadir juga dalam kesempatan itu Ketua Karang Taruna Propinsi Sumatera Utara H Solahuddin Nasution, para pengurus karang taruna Kabupaten, kecamatan dan desa se-Kabupaten Palas.

Ketua Panitia, Abdul Hakim Hasbuan dalam laporannya menyampaikan, temu karya II karang taruna Kabupaten Palas dilaksanakan untuk memilih pengurus karang taruna periode 2018-2022.

Dijelaskan, peserta temu karya terdiri dari Ketua, Sekretaris dan Bendahara dari pengurus karang taruna mulai dari desa sampai tingkat Kabupaten Palas.

"Kegiatan ini diharapkan bisa membawa perubahan tingkah laku dari para pemuda di Kabupaten Palas khususnya masalah kenakalan remaja dan penyalahgunaan narkoba," urainya.

Ketua Karang Taruna Palas Atas Siregar mengatakan, kegiatan yang dilaksanakan ini merupakan agenda yang diamanatkan dalan organisasi yaitu tercantum dalam peraturan Menteri Sosial, bahwa temu karya merupakan agenda tertinggi di dalam tubuh Karang Taruna.

Dijelaskan, kegiatan temu karya yang dilaksanakan merupakan kali kedua dilaksanakan pasca terbentuknya karang taruna di Kabupaten Palas Tahun 2012 lalu.

"Selama empat tahun berjalan, sudah banyak halangan dan rintangan yang dihadapi, dan memakan energi finansial dan spritual," ungkapnya.

Kendati demikian, kata Atas, di tahun kedua periode pertama pengurus karang taruna mulai dari desa, kecamatan dan kabupaten sudah mulai tumbuh dan bersinergi dengan aparat desa, kecamatan dan kabupaten, sehingga kegiatan karang taruna di Kabupaten Palas mulai berjalan baik.

Ketua Karang Taruna Sumut H Sola huddin Nasution menjelaskan, temu karya II karang taruna Palas harus menjadi saksi tonggak sejarah bagi semua pengurus dan anggota dalam meningkatkan program kerja karang taruna di Kabupaten Palas.

Solahuddin mengucapkan terimakasih kepada Pemkab Palas khususnya Bupati Palas H Ali Sutan Harahap yang telah membina pemuda karang taruna mulai dari desa sampai tingkat Kabupaten Palas.

"Temu karya ini jangan hanya sebatas kegiatan saja, tetapi harus menjadi tonggak sejarah bagi pemuda di Kabupaten Palas untuk mensepakati pengurus Kabupaten untuk lima tahun ke depan," tegasnya.

Siapapun pengurus kabupaten yang akan dipilih, harus siap melayani dan menyerap aspirasi serta memberdayakan potensi-potensi yang ada.

"Kemudian jangan hanya sekadar mendapatkan predikat status sebagai pengurus Kabupaten saja, tetapi tidak bisa memberdayakan program karang taruna," tegasnya.

Kalau belum memahami tupoksi karang taruna, tegasnya, jangan coba-coba menjadi pengurus kabupaten, karena akan berakibat fatal untuk mengembangkan kader-kader pemuda di Kabupaten Palas.

Sambutan Bupati Palas yang dibacakan Sekda Palas Arpan Nasution mengucapkan selamat melaksanakan temu karya yang kedua semoga berjalan lancar dan sukses.

Dalam perjalanan sejarahnya, karang taruna telah berperan melakukan berbagai kegiatan sebagai upaya untuk turut serta dalam menanggulangi masalah-masalah kesejahteraan sosial yang dihadapi generasi muda.

Oleh karena itu, katanya, melalui temu karya II karang taruna Kabupaten Palas harus bisa menghasilkan dan memberikan sebuah karya nyata para generasi muda Palas akan kemajuan di daerah.

"Saya menyadari, karang taruna sebagai wadah relawan sosial hingga tingkat desa, karang taruna memikiki peran strategis bagi pembangunan daerah Palas," ungkapnya.

Ditambahkan, karang taruna diisi generasi 13-45 tahun, dinilai sangat potensial sebagai sumber kesejahteraan sosial, produktif secara berdaya guna, sehingga dapat meningkatkan kesejahteraan sosial bagi.