JAKARTA - Tunggal  kedua Indonesia  David Agung  tampil sebagai penyelamat Indonesia setelah  menyamakan kedudukan 1-1 saat melawan Filipina di babak pertama Piala Davis Grup II Zona Asia/Oseania.

Bermain di Lapangan Tenis Gelora Bung Karno, Jakarta, Sabtu (3/2/2018), David Agung yang tampil percaya diri berhasil mengalahkan Petrombon Jasson dengan skor 6-2, 7-5.

Kesuksesan David ini menutup kegagalan M Althaf Dhaifullah yang tampil di tunggal pertama. Petenis putra berusia 19 tahun ini dipaksa harus mengakui ketangguhan Alberto Lim dengan skor 3-6. 2-6.

"Pertama, saya ingin berterima kasih kepada Tuhan Yang Maha Esa yang masih melindungi pada pertandingan ini dimana saya bisa menyumbangkan satu poin. Semoga besok bisa memberikan poin lagi untuk Indonesia," ujar David kepada media usai laga.

Pada set pertama, David dengan mudah mengalahkan Jason 6-2. Memasuki  set kedua, dia mulai mendapat perlawanan ketat dimana Jasson mulai bangkit dan  beberapa kali  memaksa terjadi match poin.  

Di set kedua tersebut, David juga sempat  melakukan kesalahan seperti double foult.  ”Terus terang saya agak nervous pas melakukan double foult karena sudah lama tidak bertanding. Dan ini poin yang sangat penting untuk Indonesia," ungkap David.

"Saya hanya berpikir untuk mengambil poin ini, tapi ternyata memang diberi kemenangan oleh Tuhan Yang Maha Esa," tambahnya.

Kapten tim Indonesia Febi Widianto mengaku belum memastikan David bermain berpasangan dengan Hastin Barki pada babak kedua, besok Minggu (4/2/2018).

"Sebenarnya kita sudah mempersiapkan. In case, David tidak bisa bermain double kita bisa ganti nama satu jam sebelumnya. Kita juga masih ada nama lain. Hanya kita lihat kondisi David seperti apa. Hari ini dua set, mungkin kalau dibilang lima set atau tiga set agak beda. Dari segi mental, fisik pasti beda. Tapi menurut saya, kalau dia (David) main rangkap pun tidak ada masalah," kata Febi.

Pertandingan Minggu (4/2), pasangan ganda  Indonesia Justin Barki /David Agung akan  menghadapi Alcantara/ Mendoza. Sementara  tunggal  ketiga Antony Susanto akan  menghadapi Alberto Lim dan terakhir Althaf kembali akan diturunkan menghadapi Petrombon Jasson. ***