JAKARTA - Wakil Ketua DPD RI, Darmayanti Lubis menerima Forum Honorer Kategori 2 Indonesia ( FHK2I ) menyampaikan aspirasi terkait kejelasan nasib honorer K2 untuk diangkat sebagai CPNS.

Audiensi berlangsung di Ruang Rapat Pimpinan DPD RI, Komplek Parlemen. ( 02/02 ).

Pada kesempatan tersebut Wakil Ketua DPD RI, Darmayanti Lubis menyampaikan bahwa DPD RI sejak awal selalu mendukung perjuangan honorer K2.

“Sejak awal kami di DPD mendukung perjuangan honorer K2 bersama - sama. Sekarang sudah banyak perkembangan walaupun belum sesuai tujuan. Ini sebuah ketidakadilan yang harus diperhatikan," ucapnya.

Darmayanti Lubis juga menyampaikan bahwa permasalahan Honorer K2 ini telah diangkat sebagai salah satu permasalahan utama dalam Sidang Paripurna yang lalu.

“Pada Sidang Paripurna yang lalu kami telah mengangkat permasalahan K2 untuk menjadi permasalahan yang akan dikawal dan berusaha diselesaikan, “ujar Senator Sumatra Utara tersebut.

Lebih lanjut, Darmayanti juga akan melakukan beberapa hal untuk menindaklanjuti permasalahan ini.

“Saya akan bicara secara lembaga, nanti akan ada rapat gabungan bersama komite I , III dan BAP. Selain itu kami juga akan panggil Menpan. Kami akan menuntut agar UU ASN segera direvisi dan disahkan. Kami juga akan terus mengawasi perkembangannya di DPR.”

Perwakilan dari FHK2I, Nurbaiti menyampaikan bahwa penyampaian aspirasi ke DPD RI dilakukan karena permasalahan ini erat kaitannya dengan daerah.

"DPD RI kami libatkan karena dasar permasalahan ini berasal dari daerah," jelas Nurbaiti.

Selanjutnya, Nurbaiti juga menjelaskan berbagai upaya sudah banyak dilakukan untuk memperjuangkan nasib tenaga honorer.

“Sudah banyak upaya yang kita lakukan, termasuk berkomunikasi dengan komisi II DPR RI. Kami hanya ingin minta keadilan, pemerintah sudah berjanji namun tidak direalisasikan sampai saat ini," tambahnya.

Nurbaiti juga berharap bahwa DPD RI sebagai wakil daerah dapat membantu menyelesaikan permasalahan ini.

“Saya berharap ada keadilan bagi kami para honorer, untuk itu kami berharap DPD dapat membantu kami dan mampu menyelesaikan masalah kami ini karena pengabdian kami sudah lebih dari 10 tahun," pungkasnya. ***