PALAS – Ratusan pelajar SMA Plus Tunas Bangsa Sibuhuan, Kabupaten Padang Lawas diberikan sosialisasi pemahaman terhadap rambu-rambu dan tata tertib berlalu lintas oleh Unit Satlantas Polsek Barumun. Tujuan personel Satlantas masuk ke sekolah ini, ujar Kapos Lantas Polsek Barumun, Ipda Mujiono, untuk menanamkan cara berlalulintas yang baik dan aman, sekaligus pembekalan kedisplinan berlalu lintas.

Selain itu, kata dia, sosialisasi tersebut diharapkan terbangunnya kesadaran tentang pentingnya keselamatan diri saat mereka dewasa nanti dalam berlalulintas.

"Kita selalu intens melakukan sosialisasi dari satu sekolah ke sekolah di tingkat SLTA. Sosialisasi kali ini kami lakukan di sekolah SMA Plus Taruna Bangsa Tunas Sibuhuan. Hal ini bertujuan agar siswa memahami pentingnya tertib berlalu lintas untuk keselamatan pengendaranya," jelas Ipda Mujiono, Kamis (1/2/2018).

Dalam sosialisasi tersebut, kata dia, Satlantas melibatkan siswa di sekolah tersebut untuk menjadi peserta sosialisasi tertib lalu lintas.

“Menanamkan disiplin berlalu lintas terhadap generasi muda merupakan bentuk sosialisasi keselamatan dalam berlalu lintas. Ini penting, karena manfaatnya nanti bagi para generasi muda di masa mendatang akan menumbuhkan disiplin berlalu lintas, hingga akhirnya pelanggaran dan kecelakaan dapat diminimalisir,” ujar Ipda Mujiono.

Ia juga mengatakan, sosialisasi ini juga sebagai rangkaian patuh berlalu lintas, tidak hanya melakukan penindakan, tetapi juga tindakan preventif.

Adapun materi yang disampaikan dalam sosialisasi ini antara lain, tentang peraturan lalu lintas dan upaya tertib berlalu lintas yang baik dan benar di jalan raya.

"Dimulai dengan berkendara yang benar dengan memakai helm SNI, mematuhi rambu-rambu lalu lintas dan yang paling penting tentu telah memiliki SIM, serta lain sebagainya yang berhubungan dengan keselamatan di jalan raya," terangnya.

Dia berharap, melalui sosialisai ini, pelajar dan masyarakat dapat mengetahui dan mematuhi peraturan berlalulintas dengan benar.

"(Ketika itu sudah diimpelementasikan dengan baik), tentu akan mengurangi tingkat kecelakaan lalu lintas dan tidak membahayakan pengguna jalan lainnya," pungkasnya.