PALAS - Pemkab Palas memberikan apresiasi kepada Desa Sidomulyo dan Tanjung Purba Tua, Kecamatan Barumun Selatan. Hal ini diberikan karena pemerintahan desa setempat berhasil menerapkan program Perilaku Hidup Sehat Bersih (PHBS) dengan menggalakkan Stop buang air besar (BAB) di sembarangan tempat dan daerah aliran sungai (DAS). Secara simbolis Bupati Palas H.Ali Sutan Harahap (TSO) memberikan piagam penghargaan dan plakat kepada Kepala Desa Sidomulyo, Pungut dan Kepala Desa Tanjung Purba, Tua Tongku Kahar Hasibuan, Selasa(30/1/2018) dalam rangkaian peresmian gedung baru Puskesmas Batang Bulu.

Kepala Dinas Kesehatan Palas, Hj Leli Ramayulis mengatakan, dua desa ini telah bersinergi mendukung program pola hidup sehat dan bersih di tengah masyrakat.

"Harapan kita, desa lainnya dapat mengikuti jejak dua desa ini untuk bersama-sama membangun kesehatan pola pikir masyarakat dalam pemahaman makna penting sehat dalam kehidupan sehari-hari di lingkungan warga maupun keluarga," sebut Hj Leli.

Di kesempatan itu, Bupati mengajak masyarakat Barumun Selatan untuk terus berpartisipasi dalam membangun peningkatan kesehatan yang lebih baik, sehingga menciptakan paradigma hidup sehat jasmani dan rohani.

Bupati juga berpesan kepada para kepala desa se Kecamatan Barumun Selatan agar dapat proaktif mendukung program kesehatan dengan memprioritaskan program yang mendorong pola pikir masyarakat untuk melaksanakan gerakan perilaku hidp sehat dan terciptanya kawasan bersih lingkungan dari segala ancaman penyakit yang bersumber dari kotoran dan sebagainya.