LABUHANBATU - Bupati Labuhanbatu H. Pangonal Harahap melaksanakan peletakan batu pertama pembangunan Masjid An-Nur di Lingkungan Kampung Sawah Kelurahan Sigambal, Kecamatan Rantau Selatan, Labuhanbatu, Jumat (26/1/2018). "Ini adalah pekerjaan jihad. Barang siapa yang turut membangun masjid akan dibangunkan Allah rumahnya di surga. Apabila mati anak adam yang bermanfaat hanya tiga termasuk sedekah jariyah, membangun dan memakmurkan masjid merupakan perintah agama," ujar H. Pangonal.

Bupati yang semakin dibanggakan masyarakat ini menyatakan, tugasnya selaku kepala daerah yakni mengutamakan dalam memberikan pelayanan yang terbaik kepada masyarakat.

"Pemerintah daerah sangat menyadari masih banyak kekurangan dalam pelayanan kepada masyarakat. Saya berharap, apabila ada hal-hal yang sangat penting agar dapat dilaporkan secara langsung kepada saya agar bisa kita ambil langkah yang terbaik," tegas Bupati.

Ketua IPHI Labuhanbatu ini memastikan pihaknya akan tetap mendukung serta mengimbau masyarakat agar dapat berpartisipasi untuk mempercepat pembangunan masjid tersebut.

"Saya nanti akan pelajari juga apakah masih bisa dibantu secara kepemerintahan, tapi yang jelas tadi Ibu Ketua PKK menitipkan 100 zak semen. Saya harapkan kepada seluruh masyarakat Kampung Sawah harus berlomba-lomba membangun masjid kita ini, apalagi di sini banyak ASN," sebut Bupati.

Di samping itu, H. Pangonal mengatakan, Insha Allah nanti pada bulan Ramadhan, seluruh anak yatim di Labuhanbatu akan di santuni sebesar Rp 300 ribu per orang. Untuk konsep realisasinya, Bupati meminta kepada jajaran Camat agar menyiapkan pendataan secara selektif.

"Itu rencana saya untuk bulan Ramadhan nanti, Camat harus buat pendataan yang selektif, jangan sampai ada anak-anak saya di seluruh desa yang tidak mendapatkan manfaat tersebut," tegas Bupati.

Sementara, Ketua panitia pembangunan Mesjid An Nur Kampung Sawah, H. Sadirin SAg, menyatakan, pembangunan masjid ini merupakan program jangka panjang BKM An-Nur Kampung Sawah yang sebelumnya direncanakan akhir Desember 2015 lalu sudah terealisasi. Namun, karena pembebasan dan pembelian tanahnya belum selesai, maka pembangunan belum bisa dilaksanakan.

"Alhamdulillah, di awal tahun 2018 ini pembangunan sudah bisa kita mulai. Adapun luas tanah pertapakan masjid ini 30m x 50m = 1500 meter persgi dengan harga ganti rugi Rp 450 juta sudah kita lunasi di tahun 2017 lalu," lapornya.

H. Sadirin juga mengucapkan terima kasih kepada Bupati Labuhanbatu H. Pangonal Harahap yang telah menghibahkan bantuan sebesar Rp 75 juta ditahun 2015 lalu serta tambahan bantuan 40 zak semen dari Drs. Zainuddin Siregar Kepala BKPP, Kadis Perikanan Jumingan sebanyak 30 zak semen, Ketua IPK 20 zak semen dan Camat sebanyak 15 zak semen serta Lurah Sigambal sebanyak 5 zak semen.

"Terima kasih kami dari warga Lingkungan Kampung Sawah kepada Bapak Bupati H. Pangonal Harahap, yang telah memberikan bantuan hibah Rp. 75 Juta pada tahun 2015 lalu. Semoga pembangunan masjid ini dapat cepat selesai dan bermanfaat bagi umat Muslim di Labuhanbatu," tutupnya.